Prospek Sirkuit KymiRing Finlandia di MotoGP 2020

Foto: apexcircuitdesign.co.uk

Sirkuit KymiRing di Finlandia bakal menjadi arena terbaru adu cepat para rider di musim balap MotoGP 2020. Sirkuit KymiRing terletak di Itti, Kymenlaakso, sekitar 135 km dari ibu kota Finlandia, Helsinki. Sirkuit KymiRing dibangun pada 2016 dengan panjang 4,6 km. Sirkuit KymiRing memiliki 18 tikungan dan trek lurus sepanjang 1,2 km dengan orientasi lintasan searah jarum jam.

Pada 19-20 Agustus 2019 lalu, enam pembalap penguji atau test rider masing-masing pabrikan sudah menjalani tes di Sirkuit KymiRing. Mereka adalah Mika Kallio (KTM), Bradley Smith (Aprilia), Jonas Folger (Yamaha), Sylvain Guintoli (Suzuki), Stefan Bradl (Honda), dan Michele Pirro (Ducati). Adapun sesi tes ini digagas oleh Dorna selaku penyelenggara MotoGP.

BACA JUGA  Susunan Pembalap MotoGP 2021, Jack Miller ke-7 Yang Resmi di Kontrak

“Kami mengumpulkan banyak data dari para rider dan kami ingin memastikan bahwa standar keamanan sudah sesuai level yang diinginkan MotoGP,” tutur Carlos Ezpeleta, direktur olahraga Dorna, seperti dikutip dari Motocicismo. Sirkuit KymiRing yang didesain Pohjola Racing pada 2009 dan disempurnakan oleh Apex Circuit Design ini mendapat beragam kritik dan saran dari para pembalap penguji tersebut.

Bradley Smith menganggap bahwa sirkuit ini sangat unik. “Sirkuit KymiRing sempit dan berliku, serta cukup lambat di beberapa tempat. Para rider Moto3 akan senang dengan sirkuit tersebut tetapi para pengendara MotoGP mungkin akan kesulitan dengan minimnya ruang, terutama di sektor dua dan empat,” ujar Smith yang berkebangsaan Inggris ini.

BACA JUGA  Ducati Galang Dana Untuk Memerangi Corona

Senada dengan Smith, Stefan Bradl mengungkapkan bila Sirkuit KymiRing sangat pelan dan banyak perubahan arah. Sementara, test rider Ducati, Michele Pirro, mengatakan kalau sirkuit ini kombinasi cepat dan pelan dengan kontur naik turun. “Bagian pertama sirkuit cepat dan indah. Bagian kedua pelan dan menarik. Ada beberapa tikungan di mana kita sulit melihat arah. Saya pikir trek ini bagus untuk MotoGP,” ujarnya.

Sementara itu, pembalap berkebangsaan Finlandia, Mika Kallio, menegaskan bahwa ada beberapa tikungan yang harus diganti. “Pada dasarnya, kami memerlukan ruang lebih di antara tikungan-tikungan di lintasan,” ujar test rider KTM tersebut. Sampai saat ini, proses penyempurnaan Sirkuit KymiRing terus dilakukan supaya siap 100% untuk MotoGP Finlandia yang dijadwalkan terselenggara pada 12 Juli 2020.

BACA JUGA  Ribut Sama Penjaga Vilanya, Rossi Dituntut Pengadilan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here