Rossi dan Vinales Beda Pendapat Soal Sistim Balap tahun Ini

Valentino Rossi dan Maverick vinales. Foto: motogp.com

Dua pembalap pabrikan tim Yamaha MotoGP berbeda pendapat tentang idealnya  sistim balapan MotoGP tahun ini. Jika Valentino Rossi berharap agar jadwal Kejuaraan MotoGp sebaiknya direvisi atau diatur ulang. Sedangkan Maverik Vinales berharap untuk tetap menjalankan paruh kedua dari program MotoGP di 2020 ini.

Krisis corona memang belum diatasi, tetapi para promotor balap dunia terus bekerja keras untuk membuka peluang kembali ke trek balap. Formula 1 ingin segera memulainya pada bulan Juli meskipun tanpa penonton dan media, sedangkan promotor MotoGP juga terus bekerja keras dan tetap mengacu konsep dengan tetap menyelamatkan musim 2020 sebanyak mungkin.

Semua kemungkinan dan ide dibahas, termasuk gagasan menjalankan beberapa balapan pada sirkuit yang sama. Gagasan ini tidak diterima dengan baik oleh semua pembalap MotoGP. Sebagai contoh, Maverick Viñales menjelaskan dalam wawancara video dengan Matt Birt, bahwa dia lebih suka dengan musim yang lebih pendek tapi dalam format yang biasa.

BACA JUGA  Ini Gebrakan Aprilia Agar Bisa Kejar Barisan Depan

“Akan lebih baik jika kita bisa melakukan bagian kedua musim ini, dan itu akan menjadi situasi yang sempurna. Akan sulit jika kita memiliki dua balapan di trek yang sama, itu akan sangat tidak biasa bagi saya. Dan itu juga akan memiliki dampak yang signifikan pada hasil. Balapan ganda, saya tidak tahu. Ini mungkin menarik, tapi kami belum terbiasa,” kata pembalap asal spanyol itu.

Sedangkan Rossi di sisi lain menganjurkan kalender balap yang direvisi di mana semua orang bisa tetap mengunjungi sirkuit di berbagai belahan dunia dengan mencocokan  pada waktu terbaik dalam hal kondisi cuaca. Ini akan membuat balapan di luar negeri menjadi mungkin lagi di akhir musim pada bulan Desember. “Bagi saya, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mulai pada Agustus atau September dan mencoba menyelesaikan sepuluh hingga dua belas balapan ini di sirkuit terbaik di dunia, sehingga bisa memilih waktu dan cuaca yang terbaik,” kata Rossi.

BACA JUGA  Davide Brivio: Sulit Untuk Menjaga Jarak Kalau Berada di Tim

“Seri awal bisa pada September dan finalnya akan di Australia atau Thailand pada bulan Desember, karena disana cuaca panas pada Desember. Saya tidak berharap bahwa kita akan menjalankan beberapa balapan di trek yang sama, saya juga tidak suka balapan ganda (dua kali) pada akhir pekan yang sama kayak di Superbike,” lanjutnya.

“Lebih baik bagi saya memilih delapan hingga dua belas seri dengan minggu yang berbeda di sirkuit yang terbaik. Dan tentu saja rasanya nggak pas dan memalukan bagi semua orang jika balapan berlangsung tanpa penonton, karena kita balapan ya untuk penonton. Tetapi memang lebih baik tanpa penonton daripada tidak ada balapan sama sekali,” ungkap Rossi.

BACA JUGA  Vinales: Saya Akan Merindukan Valentino Rossi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here