Sejarah Alpinestars Berawal Dari Kejuaraan Motocross Pertama

Alpinestars berawal dari Motocross. Foto: alpinestars.com

Pada tahun 1963, seorang pengrajin kulit bernama Sante Mazzarolo membawa ikon masa depan. Berbasis di kota Asolo, Italia utara yang kecil dan dengan bunga bintang pohon Alpine yang abadi seperti namanya. Mazzarolo mulai memproduksi produk pertama yang memuat moniker Alpinestars.

Pada waktu itu, sebuah olahraga baru bernama Motocross mulai berkembang dan menjadi sangat populer di seluruh Eropa. Menyadari olahraga ini akan berkembang, Sante memanfaatkan kesempatan untuk menerapkan bakat dan ketajaman teknisnya untuk merancang jenis sepatu baru yang memenuhi kebutuhan perlindungan yang bagus dan atletis tapi terlihat brutal. Sepatu boot revolusioner yang diproduksi oleh Mazzarolo ini yang kemudian menjadi pola dasar untuk perlindungan di Motorcross.

Roger de Coster.  Foto: alpinestars.com

Tidak lama setelah itu kemudian Sante mendirikan perusahaan di kantor pusatnya yang canggih di kota Maser, Italia utara. Sante mulai mengerjakan sepatu baru yang revolusioner untuk pengendara Enduro lokal dan pengendara Motorcross yang telah mulai mengimpor sepeda motor dari luar negeri untuk ikut di kompetisi resmi. Sepatu boot Sante segera menjadi market leader di industri dan menjadi acuan untuk di balap. Pengembangan dimulai dari saat boot pertama diproduksi dengan bantuan dan masukan dari pembalap. Pada awal 1970-an, Roger de Coster telah membawa Alpinestars sebagai juara di World Motocross Championship yang pertama. Roger de Coster sendiri memenangkan lima Kejuaraan Motocross Dunia dan mulai menjalankan kesuksesan Kejuaraan Dunia untuk Alpinestars yang berlanjut hingga hari ini.

BACA JUGA  Mitsubishi eK X dan eK Wagon Raih Skor Tertinggi untuk Kinerja Keselamatan Preventif dan Uji Tabrak di JNCAP

Sante Mazzarolo di anugerahi banyak penghargaan pada desain dan produk Italia di tahun-tahun awal berdirinya perusahaan. Dia membangun reputasi dan kreativitas serta inovasi dalam pengembangan produk balap di tahun 1970-an. Kenny Roberts menjadi Juara Grand Prix Dunia dengan Alpinestars ketika ia meraih gelar pertamanya pada tahun 1978.

Pengembangan berlanjut dengan cepat, setelah itu Alpinestars juga memproduksi sepatu bot untuk semua jenis sepeda motor, baik on dan off-road, untuk kompetisi maupun hobi. Dan pada pertengahan 1980-an Alpinestars membuka cabang di Amerika atau tepatnya di Los Angeles, California.

Sante Mazzarolo. Foto: dok

Pada pertengahan 1990-an baju balap pertama dirancang dan diluncurkan, dan pada tahun 1999 Alpinestars memulai pengembangan pakaian kulit (Racing Suit) balap Road Race yang mempunyai mutu yang tinggi. Carlos Checa adalah pembalap MotoGP pertama yang menguji baju balap Alpinestars di kelas utama dan terus membantu dalam pengujian pengembangan. Hingga kemudian banyak nama terkenal lainnya yang juga mengikuti sejak saat itu.

BACA JUGA  Pendiri Alpinestars, Sante Mazzarolo Meninggal di Usia 91 tahun
Alpinestars Road Racing. Foto: alpinestars.com

Kesuksesan di roda dua tidak begitu saja membuat puas, setelahnya Alpinestars mulai mengembangkan sepatu balap mobil pada awal 1990-an, yang banyak digunakan pembalap dunia di balap Formula 1 dan Indycar selama satu dekade sebelum mendirikan Departemen Auto Suit pada tahun 2000.

Pada tahun 2004, Alpinestars memulai kemitraan dengan Honda di Downhill Mountain Bike World Cup. Dan pada tahun yang sama sebuah divisi baru untuk penciptaan dan pengembangan pakaian olahraga kasual dibuka di Los Angeles. Kemudian distribusi dengan model Life Style ini dimulai di seluruh dunia.

Pada tahun 2005, Greg Minnaar memenangkan Piala Dunia Downhill Mountain Bike UCI sementara pengembangan intensif pakaian dan perlindungan khusus olahraga MTB berlanjut. Hingga akhirnya Alpinestars membuka distribusi khusus produk yang berhubungan dengan olahraga bersepeda pada 2010.

BACA JUGA  YCR Boyolali: Pembalap Boyolali, Wahyu Nugroho Beri Tips Taklukan Sirkuit
Alpinestars MTB. Foto: alpinestars.com

Sejak didirikan pada tahun 1963 hingga sekarang, Alpinestars adalah produsen terkemuka dunia produk balap profesional, airbag sepeda motor, pakaian dengan performa tinggi dan alas kaki untuk teknis. Alpinestars memahami bahwa desain dan penelitian terbaik dicapai dalam kondisi ekstrem. Keterlibatan mereka dalam Formula 1, NASCAR, AMA dan World Motocross dan MotoGP telah mengarah pada penciptaan peralatan teknis paling canggih untuk para atlet balap dunia.

Perusahaan ini mempekerjakan hampir 500 staf di seluruh dunia dengan kantor pusat di Los Angeles, California, Italia Utara, Tokyo, dan kantor pusat Asia Tenggara di Bangkok, Thailand.

Sedangkan di Indonesia sendiri distributor resmi Alpinestars adalah VMX.id yang beralamat di Taman Mutiara Ruko M 5-6, Cibabat, Cimahi 40523 (keperluan Offroad) dan Deride untuk Road Racing yang beralamat Jl. Radio Dalam Raya No.17A, RT.10/RW.1, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan (deride.id).

Alpinestars Logo

Sumber: alpinestars.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here