Sepang Test: De Javu Quartararo, Pedrosa Bikin Kejutan (Hari 2)

Foto: motogp.com

Fabio Quartararo semakin menunjukkan kedigdayaannya dengan menjadi yang tercepat selama dua hari berturut pada uji coba resmi MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia. Hari kedua, Sabtu (8/2) Quartararo mencatatkan waktu tercepat pada sore hari menjelang waktu uji coba usai. Padahal, pada pagi hari, pembalap Petronas Yamaha SRT ini terseok di urutan bawah. Kondisi seperti ini mirip dengan tahun lalu pada uji coba resmi MotoGP yang bertempat di Sepang juga. Agak de javu.

Rata-rata catatan waktu para pembalap memang lebih cepat dari hari pertama. Salah satu hal yang mengejutkan dipertontonkan oleh Dani Pedrosa, veteran pembalap MotoGP yang kini jadi test rider KTM. Dani Pedrosa mampu menembus urutan ketiga. Hanya terpaut 0,090 detik saja. Kalau dalam kondisi berdampingan, jarak Pedrosa dan Quartararo mungkin hanya berkisar beberapa centimeter saja.

Semakin menarik jika mengamati hasil uji coba secara keseluruhan. Beda catatan waktu urutan pertama dan ke-16 tidak sampai satu detik. Miguel Oliveira dari Red Bull KTM Tech3 dengan KTM RC16 nya hanya berjarak 0.793 detik di posisi 16. Hal ini menunjukkan bahwa musim balap 2020 akan semakin menarik untuk ditonton. Jarak antar pembalap tidak terlampau jauh. Kekuatan motor juga semakin merata. Dalam sesi tes ini, baik Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM, dan Aprilia menunjukkan performa yang tidak jomplang satu sama lain. Semuanya juga masuk dalam 11 besar.

Kemajuan mencolok diperlihatkan oleh KTM dan Aprilia. Bahkan, KTM pada uji coba ini dikabarkan membawa banyak tipe sasis untuk diuji coba. Sementara Aprilia mendapatkan respon sangat positif dari pembalap utamanya, Aleix Espargaro. Pembalap bernomor 41 ini menyebutkan bahwa motor Aprilia RS-GP versi 2020 mengingatkannya pada motor CRT Forward Yamaha yang pernah membawanya naik podium. “Aprilia melakukan pengembangan yang sangat signifikan,” ujarnya. Mau info detail hasil uji coba hari kedua. Nih pantengin hasilnya di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here