Sepang Test: Hasil Tes Sangat Ketat, MotoGP 2020 Bakal Makin Seru? (Hari 3)

Foto: motogp.com

Usai sudah tiga hari tes resmi MotoGP 2020 di Sirkuit Sepang Malaysia pada (7-9/2). Seperti diketahui Fabio Quartararo tampil mendominasi catatan waktu. Performanya semakin menjadi-jadi dan catatan semakin cepat. Menariknya, performa cepat ini tidak hanya ditampilkan oleh Quartararo saja. Rata-rata performa pembalap menunjukkan peningkatan performa. Buktinya, jarak catatan waktu posisi pertama yang ditorehkan Quartararo tidak sampai satu detik dibandingkan catatan waktu urutan ke-18 yang ditempati Maverick Vinales.

Secara tersirat, hasil tes ini bisa memberikan bayangan bagaimana nanti persaingan perebutan tahta juara dunia MotoGP musim 2020. Balapan tentu akan berlangsung seru dengan jajaran pembalap dan motor yang perbedaannya tidak terlalu jauh. Yamaha, Ducati, Suzuki, Honda, KTM, dan Aprilia kemampuannya hampir merata. Memiliki keunggulan masing-masing. Tinggap nanti bagaimana fine tuning di tiap sirkuit dan kondisi balapan.

BACA JUGA  Kontrak Cuman Setahun dengan Ducati, Jack Miller Rasa Sudah Cukup

Satu hal yang patut ditunggu adalah kembalinya performa sang juara bertahan, Marc Marquez. Saat sesi tes ini kondisi Marquez belum 100%. Pemulihan bahunya pasca operasi belum mencapai sempurna. Marquez sempat mengalami kejadian apes saat crash di tikungan 15 dalam tes di hari terakhir ini. Catatan waktu terbaiknya pun hanya menempati urutan ke-12, yakni 1 menit 58,772 detik. Sebenarnya, crashnya adalah tipikal yang sering kejadian dan biasanya dia bisa hindari dengan reflek dan power tangannya. Namun, dengan kondisi bahu yang tidak sempurna, crash ini tidak bisa dihindarkan.

Marquez sendiri yakin kondisinya akan pulih saat balap di seri pertama nanti pada 7-8 Maret nanti. Yang agak meragukan adalah performa Andrea Dovizioso. Hasilnya selama tes ini tidak terlalu mencolok. Bahkan pada hari ketiga tertinggal dari Francesco Bagnaia, Jack Miller, dan rekan satu timnya, Danilo Petrucci. Bahkan, Dovi hanya mencatatkan waktu sedikit lebih cepat dari debutan di Ducati, yaitu Johann Zarco. Jika seperti ini terus, bukan tak mungkin Dovi kesulitan pada saar bertarung di balapan sebenarnya. Jika performanya tidak membaik, bisa jadi kontrak Dovi di Ducati berada dapam posisi rawan. Namun, tentu semua bisa berubah.

BACA JUGA  Jack Miller: Terima Kasih Pramac, Tetapi 2020 Belum Berakhir

Hasil Test Sepang Hari Terakhir:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here