Separuh Balapan MotoGP Ada di Spanyol, Ini Bocoran Jadwal dan Sirkuitnya

Sirkuit Valencia, Spanyol. Foto: motogp.com

Krisis virus corona telah memaksa Dorna untuk mengubah semuanya, Dorna sekarang berencana akan menggelar 12 seri balapan di 7 sirkuit berbeda yang semuanya dilakukan di Eropa.

Kejuaraan Dunia MotoGP sudah mulai mencari tanggal yang pasti untuk dapat memainkan kejuaraan dengan cara terbaik dan mematuhi persyaratan yang baku. Setelah Sirkuit Ángel Nieto Jerez akan menjadi tuan rumah yang pertama musim 2020 dengan dua kali main di tanggal berbeda, kini Dorna juga sedang mengklarifikasi mana saja sirkuit lain dan berapa banyak balapan akan di gelar pada masing-masing sirkuit. Satu-satunya hal yang dapat dipercaya pada hari ini adalah, bahwa pada 19 Juli GP Spanyol di gelar dan hanya 7 hari kemudian, pada 26 Juli GP Andalusia juga akan diadakan di Jerez.

BACA JUGA  Andrea Iannone Trauma, Aprilia Lagi Pilih Penggantinya

Surat kabar olahraga Marca telah melangkah lebih jauh dan telah mencoba mengklarifikasi Kejuaraan Dunia yang akan datang setelah masa darurat kesehatan ini. Saat ini, informasi yang terungkap menempatkan total 7 sirkuit yang akan menjadi tuan rumah dengan 12 seri balap. Tentu saja balapan di luar Eropa sudah tidak menjadi prioritas lagi, meskipun nanti bisa berubah jika kondisi semakin membaik.

Separuhnya Ada di Spanyol

Meskipun masih belum ada jadwal yang resmi, tapi jadwal yang bisa dikelola oleh Dorna saat ini membuka kemungkinan lebih dari separuh balapan akan di gelar di negara Spanyol. Lalu mana saja sirkuit di Spanyol yang akan digunakan dan berapa banyak masing-masing sirkuit menggelarnya. Untuk dua balapan awal akan dilangsungkan di Jerez yang memang sudah pasti, dua seri lainnya akan ditambahkan yakni di sirkuit Arago dan Ricardo Tormo (Valencia) serta satu seri di Catalunya, Barcelona. Jika berita ini memang benar dan akan dilaksanakan maka akan ada total tujuh Grand Prix di Spanyol dan 5 seri di luar Spanyol.

BACA JUGA  Untung Rugi Tim Satelit Suzuki di MotoGP

Lima seri lain yang akan dilakukan diluar Spanyol akan dibagi pada 3 sirkuit lain yakni di Red Bull Ring (Austria), Misano (San Marino, Itali) dan Brno di Rep. Ceko. Untuk Austria dan San Marino masing-masing akan menggelar 2 kali balapan sedangkan sirkuit Brno di Republik Ceko 1 seri balap atau sisanya, jadi total nanti tahun ini akan ada 12 seri. Alasan untuk tidak mencari seri balap di luar Eropa adalah murni karena logistik. Jika hanya di Eropa tim-tim akan lebih mudah bergerak di sekitar wilayah Uni Eropa dan tidak harus datang dan pergi dengan perjalanan pesawat yang lama. Yang jelas saat ini tanggal yang sudah pasti adalah di Jerez, sisanya akan menyusul dan Dorna mengatakan awal Juni jadwal resmi akan keluar. Berikut ini sirkuit yang rencananya akan dipakai:

BACA JUGA  Sekarang Bisa Nikmati Video Eksklusif MotoGP Lewat Facebook

 

Ángel Nieto Circuit (Spanyol)        2 Grand Prix

Brno Circuit (Rep. Ceko)              1 Grand Prix

RedBull Ring (Austria)                  2 Grand Prix

Barcelona-Catalunya (Spanyol)    1 Grand Prix

Misano (San Marino)                    2 Grand Prix

MotorLand Aragón (Spanyol)        2 Grand Prix

Valencia (Spanyol)                       2 Grand Prix

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here