Seri Pembuka MotoGP Tanpa Kehadiran Kelas Moto2 & Moto3?

Moto3. Foto: motogp.com

Gelaran balap MotoGP masih terkendala dengan sirkuit mana yang akan di pakai untuk seri pembuka nanti. Namun begitu masih ada banyak permasalahan dan isu penting yang juga tidak bisa dikesampingkan. Engan adanya banyak aturan jumlah orang tentu akan memberikan dampak besar buat tim-tim yang berlaga. Baru-baru ini malah ada isu yang mengatakan jika balap di bawah MotoGP yakni Moto2 dan Moto3 untuk sementara akan ditiadakan dulu, terutama untuk seri pembuka.

Hal ini bertujuan untuk menekan jumlah orang yang akan terlibat dibalapan karena akan ada angka minimal nantinya di setiap seri balapan. Mungkin ini adalah langkah pertama DOrna jika memang akan menggelar tanpa kehadiran dua balapan dibawah seri utama tersebut. Bisa jadi untuk beberapa seri awal akan ditiadakan dulu untuk memperlihatkan atau sebagai percontohan di seri-seri berikutnya. Jika memang aman dan tidak ada masalah berarti khususnya terkait wabah virus maka untuk seri berikutnya akan di gelar semua kelas.

Untuk hal ini Presiden Asosiasi Tim yang berlaga di MotoGP atau IRTA yakni Herve Poncharal menyebutkan jika dia ingin tetap ada 3 kelas karena Kejuaraan MotoGP adalah satu kesatuan dari 3 kelas tersebut. Dan dia juga berharap jika waktu yang akan membuat semua ini berjalan dengan normal lagi karena untuk sementara ini akan banyak skenario untuk menjalankan MotoGP dengan berbagai pilihan.

BACA JUGA  Walikota Jerez Ingin Adanya Penonton Saat MotoGP Seri Perdana dan SBK Juga

“MotoGP adalah cerminan dunia saat ini. Kita bisa melihat bagaimana MotoGP menjadi penting untuk bisa memberi contoh bagaimana sebuah kegiatan bisa digelar secara aman dengan kondisi ini. Bahkan Dorna juga membantu para tim-tim yang terlibat secara pendanaan agar mereka bisa tetap survive hingga nantinya keadaan bisa seperti dulu lagi. Hanya Dorna dan Carmelo Ezpeleta yang mengetahui hal ini secara baik dan hanya dia yang bisa memberikan solusi terbaik untuk tim karena dia yang mempunyai segala sesuatunya,” kata Poncharal.

Herve Poncharal Ketua IRTA. Foto: motogp.com

Menyangkut soal adanya kebijakan yang akan dilakukan untuk meniadakan sementara balapan Moto2 dan Moto3, Poncharal yang juga pemilik tim Tech3 ini juga harus bersikap sesuai kapasitasnya sebagai seorang petinggi di IRTA. “Saya sendiri adalah pemilik sebuah tim di sini. Jadi memang kita harus diuduk bersama dengan Dorna untuk membicarakan masalah ini. Sumber daya memang agak kurang saat ini tapi yang kita miliki adalah kebersamaan baik itu Dorna, IRTA, MSMA, FIM yang harus saling bekerjasama. Jika dulu kita mungkin ada gesekan nah sekarang waktunya untuk bersatu dalam satu tujuan. Yang jelas saat ini kita sedang mencari solusi terbaik dan berharap semua kelas bisa digelar secara bersamaan,” ungkapnya.

BACA JUGA  Ducati Akan Uji Coba Alat Komunikasi Terbaru dengan Pembalap di Lintasan

Bantuan dana yang kepada tim-tim satelit di MotoGP sudah terlaksana dan apakah hal ini juga akan diberikan kepada tim-tim di Moto2 dan Moto3. Herve menjawab jika semua bantuan dari IRTA kepada tim di Moto2 dan Moto3 sudah diberikan setelah balapan di Qatar lalu. “Saya tahu jika mereka juga butuh bantuan dana agar tim tetap bisa hidup. Yang bisa saya katakan adalah jika bantuan dana juga akan diberikan kepada mereka sama seperti di kelas MotoGP hanya saja jumlahnya yang tidak sama. Mungkin jumlahnya agak lebih sedikit tapi pastinya akan segera diberikan. Kita adalah sebuah asosiasi yang menaungi para tim jadi uang juga kita berikan kepada mereka yang mempunyai hak atas uang itu. Kemudian Dorna sudah mendapatkan kesepakatan dengan Bridgepoin yang nantinya akan mensupport dana untuk tim-tim satelit dari April hingga Juni. Karena pada bulan Juni kita akan berunding lagi untuk bagaimana balapan ini akan digelar,” jelas Poncharal.

BACA JUGA  Ini Dia Sirkuit Yang Sudah Siap Menggelar MotoGP dan Formula 1
Moto2. Foto: motogp.com

Herve Poncharal juga masih menggaris bawahi soal keikutsertaan kelas lain pada awal-awal seri pembuka nanti. Dan dia juga mengatakan jika balapan adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan dia menyebut kalau Carmelo tahu itu betul. “Saya yang pertama kali akan menolak jika balapan hanya di gelar di kelas MotoGP saja. Mungkin waktu di Qatar hanya 2 kelas saja yang di gelar tapi itu kan kondisinya memang berbeda dan tidak memungkinkan. Kita harus ingat jika kekuatan dari balapan ini adalah dari 3 kelas tersebut. Saya memang bukan bos dari semuanya namun yang bisa sya katakan adalah jika semua kelas yang ada di MotoGP harus di gelar secara bersamaan dan saya dan Carmelo setuju itu, namun ini dari posisi saya yang mengatakan,” tukas Poncharal.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here