Siapa Saja Pembalap Ducati Yang Berasal Dari Australia

Jack Miller Foto: motogp.com

Ducati telah memilih Jack Miller yang berasal dari Australia untuk menjadi jokinya musim 2021 nanti. Seorang pembalap Australia di motor Ducati rasanya banyak kenangan bagus antara lain setelah keberhasilannya di era Stoner. Antara Borgo Panigale (markas Ducati) dan Australia selalu banyak kisah ajaib.

Berita kemarin pagi cukup heoh bahwa mulai 2021 Jack Miller akan beralih ke tim pabrikan resmi. Dengan demikian pembalap muda ini akan mengisi sebuah koloni pembalap Australia yang bisa lolos ke dalam markas pabrikan Italia.

Jack Miller akan menjadi orang Australia yang naik jok Desmosedici setelah Casey Stoner. Ikatan antara negara Australia dan tim Italia ini telah terjalin selama bertahun-tahun dan selalu mengarah pada hal-hal positif bagi tim Merah.

BACA JUGA  Ada Tim Pabrikan Besar di MotoGP Yang Mengincar Jorge Martin, Siapa?

Sejarah telah mencatat jika cikal bakal dalam hal hubungan baik ini tentunya adalah Troy Corser yang mengawali. Pembalap asal Wollongong mendarat di Ducati pada 1994 dan pada 1996 berhasil meraih gelar SBK dunia. Setelah dia maka giliran Troy Bayliss, mungkin dia adalah pembalap yang paling dicintai oleh penggemar Ducati. Juara serba bisa yang mampu bersaing dan berhasil dengan motor spek standar dan motor MotoGP.

Troy Bayliss Foto: motogp.com

Pembalap #21 ini datang ke Borgo Panigale pada tahun 1998 dan setelah memenangkan gelar pada tahun 2001 ia memutuskan untuk mendukung Ducati juga dalam petualangan MotoGP yang baru lahir pada tahun 2003, di mana ia tetap di sana sampai 2005 dan mampu menaklukkan 5 podium. Dia sempat kembali hanya untuk menjadi Wild Card setiap tahunnya balapan di Valencia, yang mampu menang dan mendominasi GP dari awal hingga akhir. Bayliss kemudian kembali ke SBK lagi dengan Ducati berhasil memenangkan dua Kejuaraan Dunia lagi di tahun 2006 dan 2008.

BACA JUGA  Manajer Petrucci: Danilo Sudah Bukan Pilihan Ducati

Ducati di Era Casey Stoner

Setelah era Bayliss berakhir dan telah menaklukkan 94 podium dan 52 keberhasilan dengan Ducati. Hubungan yang sangat kuat antara merek Italia dan pembalap Australia masih berlanjut hingga hari ini.

Casey Stoner. Foto: motogp.com

Namun, kisah paling indah di Ducati tentu saja terkait dengan Casey Stoner. Pembalap Australia itu memakai Desmosedici pada tahun 2007 setelah tahun rookie di MotoGP. Tahun itu adalah di mana ia hanya mengumpulkan tempat ke-2 dan jumlah jatuh yang banyak hingga membuatnya mendapat julukan Rolling Stoner. Casey adalah yang terbaik, bagaimanapun di Ducati dia mampu memenangkan 10 balapan dan menaklukkan gelar dunia pertama dan satu-satunya dalam sejarah si Merah. Dimana dari sebuah industri kecil di pinggiran kota berhasil mengalahkan raksasa dari Jepang.

BACA JUGA  Ducati Tertarik Untuk Merekut Anak Troy Bayliss

Dalam daftar pembalap Australia yang menang bersama Ducati ada juga Brendan Roberts, yang dengan Ducati juga berlaga pada 2008 di FIM Superstock 1000 Championship.

Singkatnya, Jack Miller hanyalah potongan terakhir dari mosaik Australia yang selalu membawa keberhasilan besar bagi Ducati. Dan siapa yang tahu juga jika sekali lagi kombinasi itu tidak dapat menghasilkan gelar, yang coba diraih Ducati selama 13 tahun, sejak era Stoner. Waktu akan membuktikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here