Soal Gaji Pembalap MotoGP, Ternyata Lebih Enak Ikut Merek Jepang Daripada Eropa

Tim Aprilia. Foto: motogp.com

Di MotoGP sudah waktunya untuk berurusan dengan krisis khususnya keuangan. Soal  gaji ternyata menjadi masalah tersendiri di MotoGP, terutama yang ikut merek Eropa. Ya, karena raksasa Jepang, adalah perusahaan kuat yang mempunyai cabang di seluruh dunia dan tidak terlalu terpengaruh oleh krisis. Dengan dukungan yang kuat tersebut setidaknya untuk saat ini memutuskan untuk tidak memotong gaji para pembalap dan semua yang terlibat.

Namum situasi tersebut berbeda jauh dengan merek yang berasal dari Eropa. Seperti dilansir oleh La Gazzetta dello Sport, misalnya di Aprilia, diputuskan untuk menggunakan liburan, cuti untuk orang tua dan PHK yang berotasi agar tidak membebani kas perusahaan. Mengenai insinyur, teknisi dan mekanik akan dilihat lagi kontraknya setiap tahun. Hal ini adalah untuk pengurangan gaji yang bisa mencapai 25% dari nilai keseluruhan.

BACA JUGA  Lorenzo Bakal Kerja untuk Rossi dan Siap Mulai Dari Sepang

Namun, belum ada kesepakatan yang dicapai di tim pabrikan Ducati, dimana masih ada pertanyaan apakah akan mengurangi gaji pembalap, insinyur, teknisi dan mekanik atau tidak. Berbeda dengan tim Pramac, di mana untuk saat ini telah diputuskan untuk menghormati kontrak yang sebelumnya ditandatangani tanpa menegosiasikan ulang mereka kecuali ada situasi yang memburuk.

Sedang tim KTM telah memutuskan untuk melakukan pemotongan upah secara umum untuk semua orang. Mulai dari pembalap hingga manajer, insinyur, mekanik, dan pemasok. Pengurangan ini berkisar antara 20 dan 30%. Apalagi saat ini MotoGP sedang bersiap untuk memulai lagi namun dengan uang yang lebih sedikit karena krisis global. Dengan harapan ketika semuanya kembali normal hal yang sama juga akan terjadi pada gaji yang akan balik normal lagi. Meskipun sebenarnya tidak begitu banyak pembalap yang bergaji jutaan Euro.

BACA JUGA  Astra Motor Yogyakarta Hadirkan Kelas Safety Riding #dirumahaja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here