Spanyol Kini Berlakukan Karantina, Bagaimana Nasib MotoGP

Sirkuit Barcelona Catalunya Foto: corsedimoto

Spanyol memberlakukan karantina 14 hari bagi siapa pun yang datang dari luar negeri. Lalu bagaimana dengan nasib MotoGP yang rencananya akan mulai pada bulan Juli nanti. Nampaknya Dorna bisa meninjau lagi rencananya untuk musim MotoGP 2020, wah bisa kacau lagi nih.

Spanyol akan memasuki fase kedua dari darurat Coronavirus, dengan pengecualian kota Barcelona dan Madrid, yang paling terkena dampak epidemi. Pada hari Jumat 15 Mei, siapa pun yang datang dari luar negeri harus menjalani masa karantina selama 14 hari. Belum jelas bagaimana perpindahan akan diatur antara satu negara dan lainnya, tetapi pemerintah setempat memberi tahu bahwa tindakan ini akan tetap berlaku sampai akhir keadaan darurat. Aturan ini yang akan memaksa Dorna untuk meninjau rencananya, memaksa para tim untuk tiba di Jerez jauh sebelumnya.

BACA JUGA  MotoGP: Semua Sepakat Tidak Ada Pengembangan Motor Hingga 2022

Pelancong dari luar negeri harus mengisolasi diri mereka selama dua minggu, membatasi perjalanan mereka hanya untuk membeli kebutuhan pokok atau untuk alasan kesehatan. Selain itu, setiap orang harus memakai masker. Menurut koran setempat, ada sedikit peningkatan baik pada orang yang meninggal (176 dengan total 26.920) dan yang terinfeksi (426 dengan total 227.436). Inggris telah memberlakukan aturan yang sama, yang tentunya mempersulit rencana F1 untuk Silverstone (19-26 Juli). Liberty Media telah mengumumkan bahwa mereka akan meminta pihak berwenang Inggris untuk melakukan tindakan pengamanan khusus.

Pada titik ini akan masuk akal untuk menggelar 8 seri balapan di tanah Spanyol, dua balapan untuk masing-masing empat sirkuit yakni Jerez, Aragon, Catalunya dan Valencia. Untuk amannya agar MotoGP tetap jalan yakni dengan tetap berada di Spanyol dulu. Karena akan ada 14 hari karantina mandiri. Paling sederhana adalah menjalankan delapan balapan Spanyol secara berurutan, tanpa harus meninggalkan negara itu. Kecuali jika pemerintah Spanyol membuat pengecualian untuk Dorna dan MotoGP dimana kemungkinannya sangat sulit.

BACA JUGA  Lorenzo Bakal Kerja untuk Rossi dan Siap Mulai Dari Sepang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here