Speed Bike Listrik Hasil Karya Pelajar Tembus 305 Km/Jam

EMP Mig X. Foto: powersport.motul.com

Universitas Polytech di Moskow dikenal dengan kedekatannya dan kelihaiannya di dunia teknik atau enginering. Siswa-siswanya sangat menyukai dunia balap dan tantangan yang menyertainya. Mereka para mahasiswa ini telah berkompetisi di berbagai kompetisi seperti kejuaraan Formula Student (Pelajar) dan kompetisi Smartmoto di Spanyol. Dengan bantuan oli Motul di Rusia, universitas ini mengambil tantangan baru dengan membangun sebuah sepeda motor yang kencang untuk acara Baikal Mile.

Universitas Polytech dikenal karena pendekatan kompetitifnya. Ini bukan pertama kalinya mengikuti kompetisi. “Saya sebenarnya akan mengatakan itu bagian dari budaya yang kita miliki di sini. Kami telah berpartisipasi dalam Formula Student selama lebih dari 10 tahun di kejuaraan lokal dan internasional. Ini adalah cara terbaik bagi siswa kami untuk mendapatkan pengalaman,” kata Pablo, Dekan Departemen Transportasi.

Proses pengerjaan motor

“Ini bukan proyek pertama dengan dua roda . Tapi ini adalah sepeda motor tercepat pertama yang kami buat. Dalam beberapa tahun terakhir kami berkompetisi dalam kompetisi Spanyol yang disebut Smartmoto Challenge di mana kami pertama kali membangun sepeda kota (City Bike) dan setelah itu membuat motor Enduro Bike. Kami mendengar banyak hal luar biasa dari acara bernama Baikal Mile ini, jadi tahun lalu kami memutuskan untuk berpartisipasi dalam acara tersebut untuk pertama kalinya. Selain itu kami mendapatkan rekor untuk sepeda motor listrik tercepat dengan sepeda motor Enduro kami yang dibangun untuk Smartmoto Challenge. Kami hanya berhasil menggapai 105 km/jam dan kami kami adalah satu-satunya peserta dalam kategori tersebut,” lanjutnya.

BACA JUGA  Maverick Vinales: Akan Ada Hal Yang Akan Kuwarisi Dari Valentino Rossi

Dekan sekolah tersebut juga menceritakan jika ini adalah hasil kreasi yang luar biasa. Dengan dukungan Motul Russia dari Anton Malyshev, ketua tim Semyen Zemtsev dan murid-muridnya mulai bekerja. Hanya dalam dua bulan mereka berhasil menciptakan motor Speed Bike ini yang dalam pengujiannya mampu mencapai 305 km/jam. Mereka menamai motor ini EMP Mig X, seperti jet tempur Russia. Ini adalah motor Speed Bike Electrik (listrik) dengan baterai 600 volt dan mampu menghasilkan daya puncak 120 kw.

Spesifikasi motor

Motor Speed Bike ini langsung di tes di sebuah danau yang membeku untuk mencari performa terbaiknya. Kondisinya yang sangat menantang dan dingin (di bawah -20 °C) dan ini menyebabkan karet ban, meskipun memiliki paku, menjadi sangat keras. Mereka juga sempat takut jika baterai rusak karena suhu yang ekstrim. Dalam kondisi dingin, aluminium di dalam baterai dapat berkontraksi sehingga menyebabkan kontak yang dapat membuat baterai menjadi konslet atau terputus arusnya.

BACA JUGA  Arab Saudi Bikin Sirkuit Untuk Gelar F1 2023, MotoGP?

“Karena itu kami memutuskan untuk menggunakan 80% tenaga motor agar tidak terlalu menekankan baterai. Kami akhirnya membuat sebuah rekor 210 km/jam, yang cukup bagus mengingat kondisinya seperti itu. Tapi kita tahu jika kemampuan motornya bisa lebih lagi. Hari berikutnya kami kembali melakukan tes lagi, kali ini dalam kondisi yang lebih menguntungkan (-10 °C hingga -5 °C) dan seperti yang kita harapkan pembalap penguji kami Mikhail Mikhin berhasil mencatat kecepatan 230 km/jam,” tegasnya.

Pengetesan di danau yang membeku

Dari pengalaman tersebut mereka yakin jika suatu saat motor listrik bisa di andalkan karena sebagian besar teknologinya ada, tetapi masalahnya adalah kekurangan infrastruktur. Di mana agak repot saat akan mengisi baterai. “Sebagian besar kendaraan listrik saat ini masih ditenagai oleh bahan bakar fosil, energi yang sama, hanya diproduksi di tempat yang berbeda, yang dalam skema besar hal-hal tidak sangat efisien. Jadi ya, secara teoritis kita bisa melakukan ini tetapi kita masih jauh dari kenyataannya,” ungkapnya.

BACA JUGA  Absennya “The Cathedral”, Sirkuit Paling Legendaris, Tempat Suci Para Pembalap   

Tonto Juga Video Ubahan Pada New Agya 2020:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here