Tahun Ini Bisa Jadi Milik Suzuki, Saatnya Revolusi?

Alex rins dan Joan Mir Tim Suzuki Ecstar. Foto: motogp.com

Performa yang di perlihatkan oleh Tim Suzuki Ecstar lewat Alex Rins maupun Johan Mir selama tes pra musim ini menjadi pijakan untuk menghadapi race perdana di Qatar besok. Hasil positif yang di catat oleh kedua rider Suzuki ini memperlihatkan kemajuan yang pesat dan sangat berarti. Posisi lima besar membuktikan jika Suzuki tahun ini akan lebih kompetitif dan sejak tes kemarin posisinya selalu di 3 besar di bawah Yamaha.

Ban baru Michelin banyak memberi kontribusi meski mesin 2020 juga tak boleh di sepelekan. Bagusnya paket motor dan keseimbangan antara seting mesin, sasis, elektronik dan tentunya ban memberi efek positif buat para pembalapnya. Jika tahun kemarin sesekali Rins menyodok dibarisan depan tahun ini kemungkinan akan lebih sering dan Rins pun yakin bisa berada di podium.

BACA JUGA  Walikota Jerez Senang Dengan Mampirnya MotoGP di Kotanya

“Musim 2019 lalu saya memang sedang tahap pemulihan cidera dan sering kesakitan saat balap. Cidera yang didapat saat jatuh di sirkuit Brno sedikit banyak mempengaruhi, tahun ini sudah lebih baik dan saya yakin bisa fight dengan para pembalap terbaik,” ujarnya di laman gpone.com.

Kepercayaan diri Alex Rins ini memang beralasan mengingat siapnya Suzuki dengan kompetisi tahun ini yang tanpa banyak drama dan fokus pada pengembangan. Begitu juga dengan para pembalap yang mendapatkan hasil positif setelah beberapa kali tampil progresif di setiap Pace nya. Ban baru Michelin memberikan banyak improvement pada motor GSX RR 2020.

Khusus untuk Tes Qatar kemarin Suzuki tidak banyak mengetes part-part baru namun hanya membandingkan sasis lama dan baru serta tes kukatan ban. Siapnya Suzuki menghadapi musim ini sudah terlihat sejak tes Sepang kemarin ketika mesin motor sudah dalam kondisi bagus dengan paket yang sempurna hanya butuh penyesuaian dengan part lain.

BACA JUGA  Lorenzo Buka Peluang Satu Tim Dengan Valentino Rossi di Tim Petronas

“Saya puas dengan hasil tes di Sepang maupun di Qatar. Kita berhasil mengetes motor dalam kondisi singkat maupun mengetesnya seperti simulasi saat balapan. Dan semuanya berjalan dengan bagus dan saya bisa pulang dengan PR yang sudah selesai. Dibandingkan tahun lalu, motor yang sekarang lebih konsisten, kencang di lintasan lurus tapi sangat stabil saat melakukan pengereman,” ungkap Rins.

TONTON JUGA VIDEO: 

Disinggung tentang performa ban baru yang di berikan oleh Michelin, Rins mengatakan jika dampaknya sangat besar khususnya untuk motor yang berkarakter cepat di tikungan seperti Suzuki dan Yamaha. “Michelin memberikan ban yang bagus performanya dan lebih tahan lama. Di balap nanti saya akan bertarung untuk mendapatkan posisi podium, saya yakin bisa melakukan yang terbaik di seri perdana nanti. Karena setidaknya saya harus bisa juara di setiap Race nya dan tahun lalu saya bisa mendapatkannya,” kata Rins.

BACA JUGA  GIICOMVEC 2020 Sukses Menarik Kehadiran Pebisnis untuk Dorong Industri Kendaraan Komersial Indonesia

Dengan kepercayaan diri yang tinggi tim Suzuki Ecstar menatap musim 2020 dengan keyakinan yang tinggi. Yang menjadi pertanyaan apakah tahun ini adalah saatnya Revolusi untuk Suzuki di ajang MotoGP ini dan mengembalikan kejayaannya seperti di masa yang dulu. We’ll see…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here