Tes MotoGP Misano, Hari 1, Ada Apa Dengan Aprilia dan Ducati

Tim Aprilia. Foto: motogp

OTOSPORTIF – Tim-tim MotoGP melakukan sesi tes pertama di sirkuit Misano. Tim Aprilia masih sibuk mengerjakan mesin barunya sementara Ducati tidak membantah rumor tentang Jorge Lorenzo.

MotoGP akhirnya kembali ke trek Misano untuk tes post-karantina pertamanya. Hanya Honda dan Yamaha yang absen, KTM full team, Aprilia dengan Aleix Espargaro dan Bradley Smith, di samping juga ada pembalap penguji Ducati dan Suzuki.

Kesempatan ini sangat tepat untuk membiasakan diri dengan aturan Dorna dan protokol kesehatan yang harus mereka hadapi sepanjang musim tahun ini. Jaga jarak di paddock, masker dan pelindung muka serta sistem komunikasi inovatif menjadi hal baru bagi semua yang terlibat.

Tim Aprilia

Aprilia menggunakan tes ini sebagai cara untuk menguji keandalan mesin baru V4 90 ° yang pertama kali muncul di tes di Malaysia. Jokinya yakni Aleix Espargaro, baru saja menandatangani pembaruan kontrak selama dua tahun.

BACA JUGA  Rivola Sang Bos Aprilia Tetap Inginkan Aleix Jadi Andalannya

Kini Aleix akhirnya dapat kembali ke jok RS-GP baru yang memberinya sensasi luar biasa dalam acara pra-musim pertama. “Kami belum melakukan banyak pengembangan dalam beberapa bulan ini, senang berada di sini,” jelas Massimo Rivola kepada Sky Sport.

“Memang rada sedikit aneh untuk bekerja dengan jarak dan masker. Kami sudah mulai dengan menggunakan komunikasi radio, itu bukan hal baru, justru pembalap yang tidak terbiasa. Pada tanggal 29 Juni kita harus membekukan mesin, bagi kami daya tahan mesin itu penting. Di Jerez kita akan menemukan aspal yang cukup mirip dengan aspal baru di sini,” tambahnya.

Andrea Iannone tidak bisa hadir karena larangan 18 bulan yang harus dijalani. Keputusan untuknya baru akan diambil awal Agustus.

BACA JUGA  Jorge Lorenzo Juarai Seri 5 Virtual Game, Veni, Vidi, Vici

“Strategi kami adalah menunggu Andrea yang yakin tidak bersalah. Kami akan melakukan segalanya untuk mempersingkat waktu meskipun itu tidak dalam kekuatan kami. Bagi kami, pasar pembalap bukanlah prioritas karena kami yakin bahwa kami akan mendapatkan Andrea kembali,” tambah Rivola.

“Kalau tidak, kita akan melanjutkan dengan Bradley Smith. Pada akhir Agustus kami berharap untuk mendengar putusan yang tidak akan terlalu jauh dari persidangan. Saya harap Iannone datang mengunjungi kami,” jelasnya.

Tim Ducati

Ducati terus menggembleng mesin evolusi GP20 di aspal Misano yang baru jadi. “Kami dilengkapi dengan kacamata dan topeng sesuai protokol. Kini mulai terbiasa dengan akhir pekan balapan,” kata Paolo Ciabatti.

BACA JUGA  Carlo Pernat: Valentino Rossi Akan Balapan Hingga 2022

“Untuk menjaga aktifitas dengan protokol kita tidak akan lagi melihat pembalap dikelilingi oleh teknisi. Sistem radio ini tampaknya berfungsi, kita harus berkorban, mengingat pada bulan Agustus akan sangat panas di Andalusia,” ungkapnya.

Paolo Ciabatti tidak menyangkal rumor tentang kemungkinan kedatangan Jorge Lorenzo di musim MotoGP 2021. Saat ini prioritasnya adalah menemukan kesepakatan dengan Dovi.

“Jorge Lorenzo di Ducati? Bahwa dia ingin kembali ke balap tampaknya sudah tak diragukan lagi. Kami memiliki negoisasi dengan Andrea Dovizioso dan sedang berlangsung, kami telah mencoba untuk menyelesaikan masalah 2020, banyak sponsor telah berkurang. Hal yang paling logis adalah menunggu beberapa balapan untuk kemudian membuat keputusan terbaik,” tegas Ciabatti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here