Tes Qatar Day 2: Yamaha dan Suzuki On Fire, Pembalap Honda Merasa Seperti Amatir

All Foto: motogp.com

Hari kedua dari tiga hari tes pra musim MotoGP 2020 di Qatar menunjukkan kedigdayaan mesin berkonfigurasi 4 Silinder Inline atau segaris. Yamaha dan Suzuki yang menggunakan konfigurasi mesin ini pada motor balapnya berhasil memetik hasil positif pada dua hari pertama tes pra musim di Sirkuit Losail, Qatar. Jagoan Suzuki, Alex Rins melesat di hari pertama dan pembalap muda Yamaha, Fabio Quartararo menjadi yang tercepat di hari kedua pada Minggu, 23 Februari.

Motor balap pengguna mesin berkonfigurasi V4 nampak cukup kesulitan. Honda, Ducati, Aprilia, dan KTM belum bisa menyaingi Yamaha dan Suzuki. Hasil yang cukup negatif diperoleh pasukan Honda. Pembalap andalannya yang juga juara dunia tahun lalu, Marc Marquez, sempat terjatuh. Marquez yang masih dalam masa penyembuhan cidera bahunya ini merasa kondisinya lebih buruk daripada waktu tes di Sepang beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA  20 Tahun Lamanya BMW Mengawal Keselamatan MotoGP
Marc Marquez terjatuh (lagi)

Pernyataan pedas kepada Honda bahkan dilontarkan oleh Carl Crutchlow. Pembalap asal Inggris ini merasa bahwa dia seperti pembalap amatir saja saat uji coba di Qatar ini. Crutchlow merasa kesulitan untuk membuat motor RC213V nya membelok dengan cepat. Motor dirasa terlalu understeering sehingga saat memasuki tikungan terasa seperti ingin nyelonong lurus saja. Pada hari kedua ini, hasil terbaik pembalap Honda malahan diraih Takaaki Nakagami. Pembalap asal Jepang yang juga masih dalam masa penyembuhan cidera bahu ini menggunakan motor Honda RC312V versi 2019.

Dari pasukan Ducati sendiri, hasil terbaik diperoleh Francesco Bagnaia. Pembalap muda asal Italia ini mengungguli senior-seniornya di Ducati seperti rekan setimnya, Jack Miller dan dua pembalap pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Hasil positif ditorehkan Johann Zarco. Dengan waktu adaptasi yang cukup mepet, pembalap asal Perancis ini sudah mampu menunjukkan kecepatannya dan menjadi pembalap kedua tercepat Ducati pada hari kedua uji coba Qatar.

BACA JUGA  Masa Depan Dovizioso Diantara Ducati, KTM Atau Aprilia?

Kecepatan motor-motor dengan konfigurasi mesin 4 Silinder Inline disinyalir karena karakternya cocok dengan ban baru Michelin. Namun, tentu saja pabrikan lain pengguna mesin berkonfigurasi V4 bukannya tidak cocok. Ini hanya masalah menemukan finalisasi setingan yang pas. Dengan sempitnya waktu menjelang seri pertama di Sirkuit Losail, Qatar pada 8 Maret nanti, mau tidak mau mereka harus menemukan final setting serta pilihan mesin yang akan dipakai. Spesifikasi mesin akan difreeze selama satu musim. Pengembangan mesin dilarang dan aerodinamikan dibatasi namun untuk sasis dan elektronik masih bisa disesuaikan.

Hasil Tes Hari 2

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here