Tiga Hari Yang Penuh Makna Buat Rossi

Foto: motogp.com

Hasil test resmi pertama musim ini di sirkuit Sepang telah mencatatkan beberapa data yang bisa di buat acuan untuk melihat kekuatan musim balap 2020 ini. Setidaknya para pembalap yang akan bertarung tahun ini bisa saling memetakan kekuatan lawan dan mengerti akan potensi motor yang akan mereka kendarai selama satu musim.

Hal yang penting dan krusial buat seorang Valentino Rossi adalah dia dapat mengerti akan motornya yang di klaimnya lebih baik daripada motor prototype pertama yang di perkenalkan beberapa waktu lalu. Motor Yamaha M1 2020 dirasa lebih mempunyai karakter dibanding sebelumnya. Banyak perubahan yang diakui Rossi dilakukan oleh pabrikan yang bermarkas di Iwata, Jepang ini.

Meski di catatan waktu pada test di Sepang tersebut Vale hanya menempati posisi ke lima tapi jarak dengan peraih posisi pertama tidak jauh. Bahkan catatan waktu Rossi ini terbaik selama dia main di kelas MotoGP di sirkuit Sepang, Malaysia. Catatan waktu terbaiknya adalah 1”58”41, dan ini merupakan tanda bagus buat pria yang akan merayakan ulang tahun ke 41 tahun tersebut. Pastinya dari data tersebut Valentino Rossi bakal kembali kompetitif tahun ini tinggal tetap menjaga semangatnya untuk meraih titel ke 10.

BACA JUGA  Y-Connect dan Beragam Kemudahan yang Ditawarkan

“Balap di MotoGP itu tidak bisa pernah kita prediksi tiap tahunnya. Jika saya tetap membalap dengan gaya seperti tahun-tahun sebelumnya maka saya akan tertinggal. Kualitas motor meningkat, ban juga di tingkatkan jadi semua memang tinggal adaptasi dari kita bagaimana bisa mengendalikan motor tersebut. Test pertama musim ini memang paling sulit dan itu juga berlaku buat semua pembalap lainnya, untungnya aku sudah sering melakukan latihan selama musim dingin kemarin jadi aku lebih siap sekarang,” ungkap Rossi di GPone.com.

Menyinggung hasil test 3 hari di Sepang dan merasakan performa motor barunya, Rossi merasa jika improvement pada motor sudah sangat bagus. Memang masih ada beberapa kendala di trek lurus akibat karakter mesin 4 silinder segaris. Namun secara keseluruhan dia yakin jika ubahan motornya tahun ini lebih banyak membawa manfaat buatnya. Apalagi kini persaingan di barisan rider Yamaha sangat kompetitif, dia akan melawan 3 orang anak muda yang juga menggunakan mesin yang sama.

BACA JUGA  Maverick Vinales Paling Berpeluang Juara di Balap Virtual, Kenapa?

“Motor tahun ini paling enak dan menyenangkan. Kalau sebelumnya motor menuntut teknikal yang sangat bagus sehingga susah di kendalikan kalau sekarang yang di butuhkan adalah keberanian karena hampir semuanya sempurna. Saya sangat senang dengan 3 hari test ini bahkan sempat meraih waktu yang sangat bagus sekali. Dan juga banyak piranti yang sempat saya coba, ada sisi positif dan negatif tapi semuanya harus bisa berjalan bagus,” tegasnya.

Dengan adanya ban Michelin dengan tipe baru yang katanya menguntungkan Yamaha dan Suzuki ini Vale justru menimpali bahwa semuanya memiliki peran masing-masing baik ban maupun mesin itu sendiri. Memang maslah di Yamaha M1 selama ini adalah di roda belakang yang kurang mendapatkan grip bagus, tapi setelah test di Sepang kemarin Rossi bilang jika grip lebih baik dan performa motor secara keseluruhan saling mendukung.

“Semua saling melengkapi baik dari ban tipe baru maupun motor sendiri. Semua pembalap menjadi cepat tapi memang kami yang terbaik di test ini. Hal ini adalah hasil dari pengembangan sasis dan rangka yang baru dan ternyata sangat cocok dengan ban tersebut. Yang bisa saya katakan adalah jika motor sangat banyak kemajuannya. Yang masih menjadi pemikiran kami adalah di kecepatan maksimumnya. Tapi jika dibandingkan tahun lalu sekarang lebih baik, terpenting adalah ketika melakukan slipstream kita harus punya kekuatan yang bagus untuk melewati pembalap didepan,” lanjutnya.

BACA JUGA  Debut Lorenzo Gagal di Hari Pertama Test Bersama Yamaha

Tiga hari yang penuh makna buat Rossi ini mengingatkan kembali tentang seorang Rossi yang selalu antuisias mengahadapi awal musim balap. Jika melihat semua optimisme Rossi akan motor dan balap musim ini sepertinya dia ingin mengembalikan masa lalu yang sempat hilang. Tapi kembali lagi umur Rossi memang sudah tidak muda itu hal yang tidak bisa di bohongi. Kekuatan fisik saat Race maupun di luar Race akan sangat mempengaruhi fisiknya. Berbeda dengan para pembalap yang umurnya kebanyakan separo di bawah dia. Tinggal kita tunggu apakah dia masih akan semangat untuk meraih titel ke 10 nya ataukah ini adalah musim terakhir sebagai ucapan selamat tinggal kepada semua pecintanya di seluruh dunia, we’ll See!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here