Tiga Juara Dunia Hadiri Launching Monster Energy Yamaha

Foto: motogp.com

Tidak ada perubahan mencolok pada corak dan warna tampilan motor Yamaha YZR-M1 versi 2020 besutan tim pabrikan Monster Energy Yamaha. Hal ini terlihat jelas saat Yamaha melakukan launching resmi tim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada Kamis (6/2), tepat sehari sebelum dimulainya tes resmi pada esok harinya (7/2). Livery motor masih tampak seperti tahun lalu ketika Monster Energy juga jadi sponsor utama Yamaha Factory Team MotoGP.

Kedua pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, hadir dan memamerkan livery terbaru YZR-M1 versi 2020. Dari segi warna, tidak banyak ubahan pada YZR-M1 versi 2020. Selain warna biru tua, ada juga warna hitam yang sudah biasa terlihat di YZR-M1. Perubahan yang cukup terlihat ada pada bentuk air scoop yang lebih besar. Hal ini disinyalir sebagai salah satu upaya Yamaha mendongkrak power YZR M1 yang tahun lalu kalah telak dari pesaingnya, terutama di trek lurus.

“Hari ini kami secara resmi memperkenalkan jajaran Tim MotoGP Monster Energy Yamaha 2020. Monster Energy telah menjadi mitra tim sejak 2013 dan baru 12 bulan yang lalu di Jakarta ketika mereka melangkah untuk menjadi sponsor utama dari Tim MotoGP Pabrik kami. Kami telah benar-benar menikmati bekerja sama dengan erat sepanjang tahun pertama dan kami sekarang siap untuk memperluas kolaborasi kami dan mencapai kesuksesan olahraga yang lebih besar di musim kedua ini. Desain dan tim motor ‘2019’ terlihat ‘diterima dengan sangat baik oleh penggemar Monster Energy dan Yamaha di seluruh dunia, jadi kami memutuskan untuk menjaga citra yang kuat tidak berubah untuk tahun 2020. Namun, itu adalah satu-satunya hal yang tetap tidak berubah. Jika Anda teliti, anda akan menemukan banyak perubahan yang telah dilakukan Yamaha dan tim untuk meningkatkan motor, kinerja pembalap kami dan efisiensi kerja total tim kami. Kami bersemangat untuk memulai musim baru ini, dan kami percaya kami dapat mencapai hal-hal besar tahun ini,” kata Managing Director, Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis.

BACA JUGA  Beberapa Pembalap MotoGP Mulai Berlatih Di Andorra, Siapa Saja?
Yamaha Factory Team MotoGP. Foto: Yamaha Motor co.,ltd

Selain dua pembalap utama yang sudah mengantongi gelar juara dunia, acara launching ini juga dihadiri satu lagi pembalap yang punya koleksi gelar juara dunia. Pembalap ini tidak dan tidak bukan adalah Jorge Lorenzo. Pensiunan pembalap MotoGP yang kini berperan sebagai test rider Yamaha, khususnya di wilayah Eropa. Dalam bekerja, Lorenzo dikabarkan akan didampingi eks kepala mekanik Rossi, yaitu Silvano Galbusera.im pabrikan Yamaha. Rossi dipastikan tergeser dari posisinya di tim pabrikan Yamaha dan digantikan Fabio Quartararo musim depan. Musim 2020 penting bagi Rossi karena hasil pada musim ini akan menjadi patokan untuk menentukan masa depan. Apakah lanjut membalap atau pensiun.

“Setelah istirahat musim dingin, sangat menyenangkan membawa seluruh tim kembali untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan. Rasanya sama seperti masuk di hari pertama sekolah. Kami akan memulai periode pengujian pramusim 2020, yang selalu merupakan waktu yang penting dan sibuk bagi tim. Insinyur Jepang Yamaha telah mendedikasikan banyak waktu dan upaya untuk mengembangkan M1, dan sekarang pengendara dan insinyur kami akan menguji coba item baru untuk pertama kalinya. Pada tes Valencia dan Jerez pada akhir tahun lalu kami sudah merasakan ke arah mana kami menuju. Selama tes yang akan datang kami akan mencari untuk mengkonfirmasi temuan kami sebelumnya dan mencari bidang perbaikan lebih lanjut, sehingga kami dapat memulai musim 2020 di bulan Maret dalam bentuk terbaik,” ungkap Massimo Meregalli – Direktur Tim Monster Energy Yamaha MotoGP.

BACA JUGA  Paolo Ciabatti: Semua Balapan Tergantung F1

 

Momen launching ini juga menandai sebagai moment launching terakhir Rossi bersama tim pabrikan Yamaha. Rossi dipastikan tegeser dari posisinya di tim pabrikan Yamaha dan digantikan Fabio Quartararo musim depan. Musim 2020 penting bagi Rossi karena hasil pada musim ini akan menjadi patokan untuk menentukan masa depan. Apakah lanjut membalap atau pensiun.

“Untuk beberapa alasan, bulan-bulan musim dingin selalu tampak jauh lebih lama daripada bulan-bulan musim panas selama musim MotoGP. Ngomong-ngomong, saya senang berada di trek dan mulai berkendara lagi. Saya sudah bisa bersantai selama liburan dan juga melakukan beberapa acara latihan yang menyenangkan, tetapi sekarang saatnya untuk serius tentang tahun 2020. Saya sangat penasaran untuk melihat langkah apa yang bisa kita lakukan selama Tes Sepang. Yang pasti, Yamaha telah menyiapkan beberapa hal baru untuk kami coba, dan lagi pula putaran pertama tahun ini dengan motor MotoGP setelah liburan musim dingin selalu menjadi sensasi unik, selalu merupakan sesuatu yang benar-benar saya nikmati. Pasti kami memiliki banyak pekerjaan di depan kami, tetapi tim dan saya siap untuk itu,” jelas Valentino Rossi.

BACA JUGA  Carmelo Ezpeleta Optimis MotoGP Bisa Dimulai Juli Hingga November

Sedangkan Maverick Vinales sendiri juga sangat bersemangat dengan musim 2020 yang akan segera di mulai ini. “Pada akhir musim lalu kami dalam kondisi yang layak, jadi saya sangat bersemangat untuk mulai bekerja lagi pada tujuan kami untuk mendapatkan gelar dan sebanyak mungkin menang. Yang pasti, saya ingin sekali lagi mengendarai M1. Terakhir kali saya mengendarainya di Malaysia adalah selama musim 2019 dan kami menang. Ini adalah memori yang sangat positif dan itu juga berarti kami memiliki titik awal yang baik di sini dalam hal pengaturan, jadi kami harus dapat langsung bekerja besok pada Hari 1 Tes Sepang. Saya telah melakukan banyak latihan fisik untuk memastikan tubuh dan pikiran saya dalam kondisi prima. Kami harus bekerja keras dan fokus pada tujuan kami sejak awal, jadi itulah yang akan kami lakukan,” tegas Vinales.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here