Tiga Rookie MotoGP 2020, Siapa Bakal Bersinar?

Foto: www.gpone.com

Musim balap MotoGP 2020 akan menjadi ajang unjuk gigi dan pembuktian bagi tiga pembalap rookie alias pendatang baru. Ketiga pembalap tersebut adalah Alex Marquez (23 tahun) asal Spanyol yang tidak lain dan tidak bukan merupakan adik kandung dari Marc Marquez. Kemudian pembalap asal Afrika Selatan Brad Binder (24 tahun) dan rekan satu negara Alex Marquez, yaitu Iker Lecuona (20 tahun).

Alex Marquez membalap untuk Respsol Honda Team bersama sang kakak, Marc Marquez. Sedangkan Brad Binder dan Iker Lecuona akan mengendarai motor KTM. Brad Binder di KTM Factory Team bersama Pol Espargaro dan Iker Lecuona akan membalap bersama Tech3 KTM berdampingan dengan Miguel Oliviera.

BACA JUGA  Capirossi Katakan Jika Masalah Ducati Bukanlah Honda Tapi Marquez..!

Meskipun Alex Marquez merupakan juara dunia Moto2 2019, kenaikannya ke jenjang MotoGP cukup mendadak. Keputusan pensiun dini Jorge Lorenzo di akhir 2019 menjadi salah satu alasan yang membuat Alex Marquez naik ke kelas MotoGP. Sementara Brad Binder merupakan runner up Moto2 2019 menggantikan Johann Zarco yang performanya memburuk bersama KTM pada 2019 dan memutuskan mundur sebelum musim balap MotoGP 2019 usai.

Yang cukup fenomenal adalah naiknya Iker Lecuona ke MotoGP menggantikan Hafidz Syahrin. Jika melihat pada statistik balapnya, performa Iker Lecuona bisa dibilang biasa saja. Iker Lecuona serius mengawali balap di ajang supermoto. Mulai masuk ke Moto2 sebagai pembalap pengganti dan jadi pembalap tetap sejak 2017 hiingga 2019.

BACA JUGA  Ini Dia Sirkuit Yang Sudah Siap Menggelar MotoGP dan Formula 1

Hasil terbaik selama karirnya di Moto2 hanya berbuah dua podium, yaitu kedua di GP Valencia 2018 dan podium ketiga di GP Thailand 2019. Di klasemen, Iker Lecuona paling terbaik berada di posisi 12 yang diraihnya pada 2018 dan 2019. Keputusan KTM mengambil rider muda memang patut dipertanyakan. Namun, KTM mungkin melihat potensi besar pada pembalap yang genap berusia 20 tahun pada 6 Januari 2020 lalu ini.

Melihat komposisi ini tentu kemunfkinan besar akan menjadi rookie terbaik adlah Alex Marquez. Dukungan tim besar dan mentoring langsung dari kakaknya akan bisa membuat performanya lebih melesat. Sementara duo rookie, Brad Binder dan Iker Lecuona, KTM harus berjibaku dengan performa motor yang, bila dibandingkan dengan Honda, masih tertinggal. Namun, bisa jadi performa KTM meningkat drastis setelah development yang dilakukan Dani Pedrosa selaku test rider. Kita tunggu saja.

BACA JUGA  Wartawan Dilarang Ikut Ketika MotoGP Mulai Akhir Juli?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here