Tiga Sirkuit Ini Yang Pasti Akan Gelar MotoGP, Mana Saja?

Sirkuit Jerez. Foto: motogp.com

Setelah adanya kepastian dari sirkuit Austria untuk bisa menggelar MotoGP maka ada 2 sirkuit lagi yang bisa dipercaya menggelar seri-seri awal musim ini. Tadinya sirkuit Red Bull Ring di Austria dijadwalkan bisa balap tanggal 16 Agustus atau bisa juga lebih awal namun dalam perkembangan terkini ada 2 sirkuit tambahan yakni Jerez di Spanyol dan Brno di Rep. Ceko.

Seperti dilansir dari situs speedweek.com jika 3 sirkuit ini nantinya yang akan menjadi pembuka musim balap 2020. Kabar ini memang belum dipastikan oleh Dorna namun dari sumber yang terpercaya jika 3 sirkuit tersebut adalah yang bisa dipastikan dan menurut sumber terpercaya itu mengatakan jika Jerez akan menjadi pembuka seri awal.

Pembukaan balapan yang rencananya akan dilakukan di Jerez tersebut katanya akan di mulai pada tanggal 19 Juli 2020. Jadi nanti urutannya adalah Jerez, Brno dan Austria. Jika umpamanya 3 sirkuit tersebut menggelar 2 kali balapan dalam waktu 2 minggu maka MotoGP bisa menggelar 6 seri tinggal mencari 2 sirkuit lagi untuk mengamankan 10 seri kejuaraan. Bisa Misano maupun Mugello kalau di Italia.

BACA JUGA  Orang Tua Valentino Rossi Ingin Anaknya Balapan Hingga Umur Sekian
Red Bull Ring Austria. Foto: motogp.com

Dari awal Dorna yang diwakili oleh Carmelo Ezpeleta pernah mengungkapkan jika balapan akan dimulai akhir Juli namun tidak mengatakan tempatnya. Dan dia juga mengatakan jika telah berbicara dengan Kementrian Olahraga Spanyol tentang keamanan menggelar balapan. Maka dari itu sumber yang terpercaya ini juga mengatakan memang ada tujuannya jika material dan motor-motor yang dikirim dari Qatar langsung di bawa semua ke Spanyol. Inilah kenapa Jerez menjadi salah satu sirkuit yang bisa digunakan untuk seri pertama.

Balapan memang direncanakan digelar tanpa penonton dan akan mengurangi orang-orang yang terlibat sebanyak 50%. Mitra kontrak Dorna di Jerez adalah wilayah otonomi Andalusia. Sekitar 8,5 juta orang tinggal di wilayah ini, menjadikannya yang terpadat di seluruh Spanyol. Pemerintah negara bagian sering mengiklankan Grand Prix dengan slogan “Visit Andalucia” terutama untuk mendapatkan keuntungan di sektor pariwisata yang harus diperkuat lagi pada paruh kedua tahun ini, mungkin bisa dengan acara MotoGP pada 19 Juli tersebut. Setelah itu, sirkus MotoGP diperkirakan akan berangkat ke Brno (9 Agustus) dan Spielberg (16 Agustus).

BACA JUGA  MotoGP Bukan Hanya Hiburan dan Ejekan di Medsos, Namun Nyawa Taruhannya
Sirkuit Brno, Rep. Ceko. Foto: motogp.com

Belum jelas apakah dua acara Grand Prix akan berlangsung di satu atau lebih trek ini selama dua akhir pekan berturut-turut. Itu akan tergantung pada berapa banyak lokasi yang akan dapat disetujui oleh Dorna dengan berbagai pemerintah. Pada tahun 2020 Dorna tidak akan menerima biaya pendaftaran dari penyelenggara, karena tidak akan ada pendapatan tiket. Dorna, di sisi lain, setidaknya dapat mengumpulkan uang dari hak siar TV, di samping biaya hak penamaan GP (dari Motul, Pramac, Michelin, Red Bull, Oakley dan sebagainya) dengan jumlah 1 juta Euro per event untuk beriklan di sekitar sirkuit. Menurut pendapat para ahli, sumber-sumber pendapatan ini mewakili kurang dari 50 persen dari pendapatan normal GP.

BACA JUGA  GARA GARA VIRUS, PEMBALAP HONDA INI DITUDUH RASIS OLEH FANS ASIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here