Tim Ducati Bikin Terobosan Lagi Yakni Rem Depan dengan Radiator

Kaliper baru Ducati saat diuji di Sepang. Foto: motogp

OTOSPORTIF – Tim Ducati selalu terdepan jika menyangkut inovasi dalam motor balapanya. Jika kemarin akan mencoba teknologi Artificial Intelegence musim depan maka ktahun ini mereka membuat hal baru lagi diluar prediksi banyak tim lainnya.

Inovatif teknis yang sangat mengejutkan ini diperlihatkan saat sesi tes di Misano akhir-akhir ini. Sebuah inovasi kaliper rem Brembo dengan pemasangan setengah fairing, mirip yang digunakan pada balap Formula 1.

Meski selama masa karantina dan lockdown banyak mengakibatkan berhentinya operasional di Ducati namun otak Gigi Dall’Igna tetap bekerja keras. Kejeniusan teknis dari manajer umum Ducati Corse ini mampu memberikan dan melahirkan beberapa solusi yang belum pernah terjadi sebelumnya di MotoGP. Dan akhirnya ditampilkan perdana pada motor Desmosedici justru di hari-hari terakhir pengujian di sirkuit Misano.

BACA JUGA  Masa Depan Dovizioso Diantara Ducati, KTM Atau Aprilia?

Rem Ducati mirip di Formula 1

Pembalap penguji, Michele Pirro memang membawa sasis baru dan memberikan hasil yang sangat menjanjikan, tetapi di atas semua itu ada yang lebih menarik yakni rem depan baru.

Dibawah tiang penopang garpu depan, ada kaliper baru dengan “radiator”. Ducati kini memiliki rem dan cakram dengan setengah fairing yang lebih rendah. Desain ini dirancang untuk membuang panas lebih efektif dan cepat, seperti yang terjadi pada Formula 1. Tetapi fungsi lainnya adalah untuk menyalurkan aliran aerodinamis dan menghasilkan lebih banyak beban.

Kaliper ini terbuat dari aluminium monoblok yang dikerjakan dari bahan padat, dengan koneksi empat piston radial. Ini adalah salah satu keunggulan industri asal Italia lainnya seperti Brembo.

BACA JUGA  Marquez Mengaku Kalau Didekati Ducati, Tapi Tawaran Honda Lebih

Memang sebelumnya semua tim sudah mencobanya dari tes Valencia di akhir musim lalu. Tetapi hanya Ducati sejauh ini yang memiliki pandangan ke depan untuk mengadopsi itu, di samping mungkin juga akan digunakan di tim satelitnya seperti Pramac dan Avintia. Sekali lagi, markas Ducati di Borgo Panigale terbukti sekali lagi lebih canggih secara teknis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here