Tindakan Awal untuk Motor Korban Kebanjiran

Foto: dok

 

Bagi teman-teman yang motornya menjadi korban banjir tidak usah terlalu risau. Untuk memperbaiki motor pasca terendam banjir tidaklah sesulit yang dibayangkan. Tidak selalu harus dibawa bengkel karena bila tidak parah tentu kita bisa mengambil tindakan awal untuk motor korban banjir dan benerin sendiri. Catatan terpentingnya adalah jangan mencoba langsung menyalakan mesin usai motor terendam banjir.

Bila kondisi motor hanya terendam tidak sampai area kabel body, aki, dan tangki tentu tindakan awal untuk motor korban kebanjiran masih bisa dilakukan sendiri. Sebagai langkah awal, periksa lebih dulu kondisi karburator atau throtle body dan busi. Pastikan tidak ada air yang tersimpan di karburator dan membasahi busi. Buang air yang ada di knalpot dengan mengangkat roda depan tinggi-tinggi atau bisa juga dengan cara mecopot knalpot.

BACA JUGA  Tips: Agar Bikers Tetap Produktif Selama di Rumah

Cek juga kondisi oli mesin apakah berwarna putih susu karena tercampur air. Jika warna oli normal buang sisa air di ruang bakar dengan cara mengengkol kick starter tanpa busi terpasang dan mesin mati. Saringan filter udara juga perlu dikeringkan dari air. Bila oli ternyata tercampur air maka perlu dilakukan flushing. Kuras oli dan ganti dengan yang baru sampai warna oli kembali normal. Bisa juga memakai cairan engine flush untuk mempercepat prosesnya.

Kemudian, bila kondisinya motor sampai terendam full. Pertama-tama mau-tak mau harus mengeringkan sektor kabel-kabel kelistrikan. Copot aki kemudian bersihkan dan keringkan soket-soket kabel dan piranti elekronik seperti CDI atau ECU pada motor injeksi. Sembari menunggu part kelistrikan benar-benar kering maka wajib menguras tangki bensin dan memastikan tidak ada air yang tersisa.

BACA JUGA  Suzuki Beri Tips Agar Mobil Bisa Dihindarkan dari Resiko Terbakar

Karburator atau throtle body pada motor injeksi perlu dibongkar dan dikeringkan dari pengaruh air banjir. Tahap ini memang akan lebih rumit dan memerlukan peralatanserta skill khusus. Bila dirasa perlengkapan atau kemampuan kurang baiknya segera menghubungi bengkel resmi atau teknisi yang biasa menangani servis motor korban banjir. Jangan sampai motor kita salah perlakuakn dan malah menimbulkan kerusakan yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here