Toyota RAV4 2020 Lebih Berotot Akankah Masuk Indonesia?

All New Toyota RAV4 All Foto: cars.usnews.com/

Toyota kini mempunyai senjata baru di kelas SUV untuk bersaing dengan para kompetitornya. Setelah ada Toyota CHR kini sang legenda SUV All New Toyota RAV4 yang kabarnya mulai di jual di Jepang awal 2020 ini menambah amunisi Toyota untuk berperang di kelas SUV melawan Honda Cr-V dan Nissan X-Trail. RAV4 sendiri adalah projek paling berhasil di kelas SUV yang dikembangkan oleh Toyota. Sejak kemunculannya 26 tahun lalu (1994), SUV ini sudah menjadi pilihan pecintanya di dunia.

Desain RAV4 sendiri mendapat sentuhan lebih berkarakter tajam dan kokoh jia dibandingkan seri-seri sebelumnya. Tampilan garang terlihat dari Grill depan berbentuk heksagonal yang memperlihatkan kegarangan dipadu bumper aerodinamis khas mobil adventures. Lampu depan Multi-LED dengan Automatic High Beams (AHB) ditambah LED Daytime Running Lights (DRL) memberi kesan modern dan terupdate sudah tersedia pada tipe paling bawah (LE).

 

Interior

Ruang kabin cukup luas untuk kelas SUV Kompak karena bisa muat 5 orang. Kursi penumpang juga sudah dilengkapi dengan pengaturan manual dengan setingan 4 arah. Kursi bagian belakang cukup rendah jadi space untuk kepala lebih lega dan posisi duduk nyaman karena kaki bisa agak selonjor dan leluasa.

BACA JUGA  Protokol New Normal Dilaksanakan Disemua Diler Nasmoco Group

 

Sedangkan untuk bahan yang di gunakan di interior ini cukup bagus dibandingkan sebelumnya dan lebih lembut serta comfort. Jahitan trim pada jok dan beberapa tempat lainnya seperti dasbor dan panel pintu memberikan nuansa mewah. Bahkan finishing pada gagang pintu dalam dilapisi bahan bertekstur karet dan bukan plastik yang keras seperti para kompetitornya.

RAV4 memiliki ruang kargo yang luas  jika ingin lebih besar bisa melipat kursi belakang untuk membuka ruang kargo dan muatan lebih banyak. Ruang kargo RAV4 cocok dengan bentuk keseluruhan mobil. Lantai muat rendah, sehingga mudah diangkat dalam barang-barang berat. Anda dapat memilih power liftgate yang memiliki ketinggian yang dapat disesuaikan dan dapat diprogram.

Untuk hiburan Fitur standar pada RAV4 2020 mengadopsi layar sentuh 7 inci, Android Auto, Apple CarPlay, integrasi Amazon Alexa, hot spot Wi-Fi, radio satelit, port USB, Bluetooth, dan stereo enam speaker. Layar sentuh standar memiliki grafik yang tajam. Ini juga mudah digunakan, berkat menu langsung dan waktu pemrosesan cepat. Fitur opsional termasuk kontrol iklim otomatis dua zona, empat port USB tambahan, kedekatan keyless entry, moonroof, layar sentuh 8 inci, stereo JBL premium 11-speaker, pengisian perangkat nirkabel, pembuka pintu garasi universal, 7- cluster pengukur digital inci, outlet listrik bergaya rumah tangga, navigasi, dan atap kaca panoramik cukup memberi kesan kemewahan mobil ini.

BACA JUGA  KIA Seltos Meluncur di Jateng, Ini Harganya

 

Sedangkan fitur bantuan untuk pengemudi standar termasuk peringatan tabrakan ke depan, pengereman darurat otomatis, deteksi pejalan kaki, peringatan keberangkatan lajur, lane keep assist, kontrol pelayaran adaptif, lane tracing assist, pengenalan rambu lalu lintas, lampu sorot otomatis, dan kamera spion. Fitur keselamatan opsional mencakup pemantauan blind spot, peringatan lalu lintas lintas belakang, wiper kaca depan pengindera hujan, sensor parkir depan dan belakang, pengereman darurat balik otomatis, kamera spion, dan sistem kamera parkir surround-view.

RAV4 tersedia dalam dua sumber penggerak (powertrains), pertama mesin Dynamic Force 2.5-liter 4-Silinder Inline VVT-iE dengan 8 percepatan Direct-Shift Automatic Transmission. Kedua, Dynamic Force 2.5-liter 4-Silinder Inline yang sudah memakai mesin Toyota Hybrid System II (THS II) dengan Electronically-Controlled Continuously-Variable Transmission (ECVT) yang tersedia dalam empat model hibrida. Tersedia dalam dua tipe yakni berpenggerak roda depan dan juga AWD. Kalau di Amerika RAV4 ini tersedia dalam 10 model muali dari LE tipe terendah hingga Hybrid dan tentu saja tipe TRD.

BACA JUGA  Kolaborasi Toyota dan SERA dalam Mendukung Mobilitas Penanggulangan Wabah di Wilayah Indonesia yang Terdampak COVID-19  

Untuk kisaran harga tentu karena pasarnya bagus di Amerika dan Eropa maka yang diambil adalah harga di Amerika yakni mulai dari $25.95- atau sekitar Rp 340 jutaan tipe terendah hingga $35.880 untuk tipe tertinggi. Apakah akan masuk ke Indonesia? Hingga saat ini memang belum ada info resminya tapi mungkin saja tahun 2020 ini. Untuk pasar Indonesia memang belum dijual secara resmi namun jika mau mendatangkan secara CBU maka paling tidak harga bisa dua kali lipat. Semoga saja Toyota Astra Motor mau memproduksi di Indonesia agar harga bisa ditekan dengan kandungan lokal yang lebih banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here