Untung Rugi Tim Satelit Suzuki di MotoGP

Davide Brivio, Tim satelit belum esensial untuk saat ini. Foto: suzuki-motogp.com

Sampai berita ini diturunkan, pabrikan Suzuki masih mantap mengarungi balap MotoGP 2020 dengan satu tim saja, yaitu tim pabrikan Suzuki Ecstar. Suzuki jadi satu-satunya pabrikan asal Jepang yang tidak memiliki tim satelit. Berbeda dengan dua pabrikan Jepang lainnya, Honda dan Yamaha. Bahkan, soal tim satelit ini Suzuki kalah dari dua pabrikan Eropa, yaitu, Ducati dan KTM. Jadi, ada alasan apakah dan apa untung ruginya Suzuki memiliki tim satelit di ajang balap MotoGP.

Davide Brivio selaku manajer tim tak menampik bahwa tanpa tim satelit membuat tim Suzuki terkendala dalam hal pengembangan motor. “Setiap tahun kami selalu membicarakan topik ini. Dengan lebih banyak motor di grid, karena kami akan bisa memperoleh lebih banyak data,” ungkap Davide Brivio via Autosport.com. “Dengan hanya dua motor, untuk pengembangan atau untuk penyelesaian masalah akan menjadi sebuah hal yang lebih rumit.”.

BACA JUGA  Fabio Quartararo Tak Ambil Pusing Kontrak MotoGP 2021

Selama ini, Suzuki dalam pengembangan motor GSX-RR hanya bergantung dari data balapan milik dua pembalap utama, Alex Rins dan Joan Mir. Skuat pabrikan asal Hamamatsu Jepang ini juga mempunyai satu sumber data lainnya dari test rider resmi atau pembalap penguji mereka, Sylvain Guintoli. “Meski kehadiran tim satelit Suzuki akan sangat membantu namun itu belum menjadi sebuah hal yang esensial,” kata Brivio.

Tanpa hadirnya tim satelit, Suzuki bisa berkonsentrasi penuh. “Situasi ini memungkinkan Suzuki untuk berkonsentrasi penuh pada tim, tanpa gangguan,” katanya. Yang terpenting, menurut Brivio adalah timnya bisa fokus dengan dua pembalap utama yakni Rins dan Mir agar tampil konsisten pada musim depan.

BACA JUGA  Absennya “The Cathedral”, Sirkuit Paling Legendaris, Tempat Suci Para Pembalap   

“Sampai saat ini kami bisa melakukan yang terbaik meskipun hanya dengan dua pembalap saja,” tegas Davide Brivio. Sepanjang MotoGP musim 2019, Suzuki Ecstar melalui Alex Rins berhasil mengumpulkan tiga kali finish di podium dengan dua kemenangan. Kedua kemenangan diraih oleh Alex Rins di Circuit of the Americas (Amerika Serikat) dan Sirkuit Siverstone (Inggris).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here