Valentino Rossi: Quartararo, Vinales dan Morbidelli Jauh Lebih Kuat dari Saya

Valentino Rossi dan fabio Quartararo. Foto: motogp.com

OTOSPORTIF – Valentino Rossi tidak dapat mengikuti qualifikasi MotoGP di sirkuit Brno dengan sempurna. Dalam latihan bebas tiga dia terlihat sangat cepat dan langsung menuju ke qualifikasi dua, tetapi dia akan memulai balapan dari posisi 10. Bahkan dia mengakui jika Quartararo, Vinales dan Morbidelli lebih kuat darinya.

Sepertinya balap di MotoGP Ceko akan punya masalah serius buat dirinya. Capaian Podium seperti seri kemarin agak sulit mengingat posisi start dari belakang. Tapi dia adalah Valentino Rossi yang meski berumur 41 tahun masih bisa kompetitif.

“Kami ingin mencoba dengan menggunakan ban depan kompon medium ternyata terlalu panas. Memulai balapan dengan posisi start di belakang memang sulit, tetapi saya mempunyai langkah awal yang bagus. Saya akan mencoba mengawali start dengan baik,” kata Valentino Rossi.

BACA JUGA  Tim Milik Rossi Punya Kans Juara Dunia

Dimulai dengan settingan motor untuk sirkuit Jerez, Valentino Rossi harus melakukan perubahan. Ban tidak merespon dengan baik dan ban belakang mengalami keausan yang berlebihan.

Ketidakpastian adalah sebuah hal yang tak akan ada habisnya pada MotoGP yang berlangsung akhir pekan ini di sirkuit Brno, Republik Ceko. Cukup dengan melihat pole terdepan yang diraih oleh pembalap Ducati Johann Zarco dan pembalap tim Petronas Yamaha, Fabio Quartararo.

Bagaimana bisa menilai performa yang aneh ini pada Ducati? “Terkadang para insinyur mencoba menaikkan performa motor berdasarkan angka-angka motor baru yang tampaknya terlihat jauh lebih baik tapi perasaan pembalap malah menjadi lebih buruk. Ini sudah berkali-kali terjadi di kubu Yamaha,” lanjut Valentino Rossi.

BACA JUGA  Demi Pembalap Cepat, Ducati Mulai Buka Hati

Pada dua musim terakhir, Yamaha YZR-M1 belum mencapai peningkatan yang signifikan. Pertama, bermasalah dengan rangka, lalu perangkat elektronik sampai akhirnya kedatangan Michele Gadda.

Sejak musim 2019, Yamaha telah melakukan perubahan nyata dengan penambahan insinyur baru. Dan setelah sempat bermasalah dengan ban Michelin, Rossi kemudian memuji performa ban tersebut.

“Ban Michelin keluaran 2020 mempunyai performa lebih bagus, tapi saya berharap ini menjadi sedikit lebih baik karena perbedaan grip menjadi berkurang saat menikung atau di garis lurus. Ini juga membuatnya mudah untuk dikendarai. Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri,” ungkapnya.

Yamaha M1 masih mengalami kendala kekurangan tenaga di trek lurus dan akselerasinya kurang merespon tetapi masih mempunyai kelebihan lain. Fabio Quartararo, Maverick Vinales dan Franco Morbidelli membuktikan alibi tersebut tidak benar

BACA JUGA  Alex Criville: Tahun Ini Akan Jadi Musim Tersulit Valentino Rossi

“Kami masih punya banyak kekurangan di Top Speed tetapi sekarang M1 dalam kondisi seimbang. Saya juga berpikir bahwa pembalap lain masih sangat kuat karena mereka masih muda dan saling mendukung dari Quartararo, Morbidelli hingga Vinales serta mampu membalap dengan baik,” pungkas Valentino Rossi dikutip dari Corsedimoto. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here