Vinales Raih Kemenangan Pertamanya Musim Ini

MotoGP Virtual Game. Foto: motogp.com

Kompetisi balap virtual seri 3 di Jerez di gelar dengan memainkan 3 kelas yakni Moto3, Moto2 dan MotoGP.  Balapan dengan game PlayStation untuk mendukung program “Two Wheel for Life” ini berlangsung selama lebih dari satu setengah jam. Disetiap kelas juaranya adalah Gabriel Rodrigo (Moto3), Lorenzo Baldassarri (Moto2) dan Maverick Viñales (MotoGP).

Jika melihat kalender jadwal balap MotoGP yang sebenarnya bahwa balapan minggu ini memang berlangsung di Jerez. Namun karena memang masih ditunda maka para penggemar hanya bisa melihat jagoan mereka balapan virtual. Fokusnya tidak hanya pada hiburan, karena “Grand Prix Virtual Red Bull Spanyol” diadakan untuk mendukung yayasan MotoGP resmi “Two Wheels for Life”. Kebetulan, kampanye ini masih aktif selama seminggu, dengan promotor Dorna memulai dengan menyumbang 20.000 Euro.

Kelas Moto3

Balapan pertama yang digelar adalah kelas Moto3. Dalam kualifikasi, pembalap Gresini Honda, Gabriel Rodrigo terbukti sangat gesit dalam video game MotoGP20 terbaru dan mengamankan posisi pole. Permintaan dari Deniz Öncü kepada rekan-rekannya untuk tidak mengambil risiko jatuh pada start tidak digubris oleh rekan-rekannya dan akhirnya pembalap Tech3-KTM lepas landas di tikungan pertama.

BACA JUGA  VALENTINO ROSSI, SINGA TUA YANG AKAN TERUS MENJADI IDOLA

Pembalap KTM Red Bull ajo Fernandez awalnya memimpin, tetapi Rodrigo mulai mengejar. Pemain Argentina itu akhirnya memulai manuver agresif dua putaran sebelum akhir, yang akhirnya menyebabkan Fernandez masuk gravel. Albert Arenas dari tim Aspar naik ke tempat kedua dan Fernandez kembali di tempat ketiga.

“Saya tidak tahu mengapa, tetapi saya lebih gugup daripada pada balapan normal,” kata Fernandez. Dia tertawa dan menyindir Rodrigo. “Saya menikmati pertarungan, tetapi dia seharusnya mendapatkan penalti 5 detik,” ungkap Fernandez.

Kelas Moto3

Kelas Moto2 juga tak kalah seru. Awalnya pole position di ambil oleh Lorenzo Baldassarri (Flexbox HP 40). Perlombaan sudah kacau sejak awal, hanya Baldassarri, Luca Marini dan Jake Dixon yang tidak jatuh di dua tikungan pertama. “Bald Attack” mampu memimpin di babak kedua, dan tempat kedua Dixon dan pembalap NTS Bo Bendsneyder kemudian naik podium terakhir.

BACA JUGA  Sirkuit Misano Siap Selenggarakan Dua Kali Seri MotoGP

“Yang paling sulit adalah mengendalikan jari saya karena saya sangat gugup,” ungkap Balda, yang juga pernah memenangkan balapan nyata Moto2 di Jerez pada 2019. “Saya pikir itu lebih sulit tahun ini,” canda pemain berusia 23 tahun itu.

Kelas MotoGP

Pembalap termuda dalam sejarah MotoGP, Fabio Quartararo mampu meraih Pole dan juga menetapkan waktu tercepat dalam kualifikasi Jerez virtual. Pada fase awal yang kacau seperti biasanya, pemenang di seri sebelumnya yakni Francesco “Pecco” Bagnaia awalnya memimpin, sementara Danilo Petrucci dan Maverick Viñales,  jatuh tepat di awal. Sedangkan Alex Márquez terjatuh dan crash di lap-lap akhir.

Iker Lecuona tampaknya telah banyak berlatih sejak penampilan pertamanya di PlayStation, ia awalnya di tempat kedua sampai di lap ketiga ia terjatuh. Quartararo pun juga begitu berkali-kali jatuh dan terlibat senggol menyenggol dengan pembalap KTM itu. Marc Márquez sempat tempat kedua, tetapi kemudian harus memberi jalan bagi saudaranya, yang sudah menyusul Viñales.

BACA JUGA  Pingin Makan Siang Bareng Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Jakarta. Begini Caranya.

Tiga putaran sebelum finish ketika Alex Márquez sudah dekat dengan Pecco malah terjatuh  dan kehilangan tempat kedua yang diambil alih oleh Vinales. Kemudian Pecco yang sebenarnya sudah unggul 6 detik itu malah crash dan kembali ke posisi ke-3. Akhirnya yang juara adalah pembalap Yamaha, Maverick Viñales yang mampu meraih kemenangan virtual pertamanya.

Ada hal yang lucu dan cukup menarik dari Marc Marquez. Tahu kalau sudah tidak bisa mengejar barisan depan dan mulai bosan ia justru menunggu Petrucci yang berada di belakangnya. Marc Márquez dan Petrucci membuat pertarungan yang lucu untuk memperebutkan tempat keempat, tapi justru Petrucci menabrak Marquez dan membawa motor Ducati nya mendarat di gravel.

Hasil Lomba GP Spanyol Virtual

Moto3:

  1. Gabriel Rodrigo.
  2. Albert Arenas.
  3. Raul Fernandez.

Moto2:

  1. Lorenzo Baldassarri.
  2. Jake Dixon.
  3. Bo Bendsneyder.
  4. Luca Marini.

MotoGP:

  1. Maverick Viñales.
  2. Alex Marquez.
  3. Francesco Bagnaia.
  4. Marc Marquez.
  5. Alex Rins.
  6. Danilo Petrucci.
  7. Miguel Oliveira.
  8. Fabio Quartararo.
  9. Iker Lecuona.
  10. Lorenzo Savadori.
  11. Tito Rabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here