Wartawan Dilarang Ikut Ketika MotoGP Mulai Akhir Juli?

Peran Media Sangat Penting di MotoGP. Foto: motogp.com

Ada kabar baik dan kabar buruk yang menyelimuti kejuaraan MotoGP musim ini. Kabar baiknya kemungkinan MotoGP bisa di mulai pada akhir bulan Juli meskipun belum ada statement resmi dari Dorna. Kabar buruknya saat ini ada himbauan untuk para jurnalis atau wartawan untuk sementara tidak diperkenankan untuk meliput MotoGP jika memang akan di gelar. Ini semua adalah antisipasi untuk meminimalisasi penyebaran virus corona.

Balapan sendiri jika memang akan mulai akhir Juli atau awal Agustus ini juga menerapkan aturan dengan tidak menghadirkan penonton selama gelaran berlangsung. Rencananya sirkuit yang paling memungkinkan untuk bisa menggelar seri perdana ini adalah sirkuit Red Bull Ring di Austria. Bahkan sudah ada surat yang beredar dari salah satu staf IRTA, Mike Trimby kepada tim-tim yang berlaga yang mengatakan jika aturan membawa jurnalis maupun staff Public Relation tidak diperkenankan.

BACA JUGA  Apa Sih Fungsi Utama Pit Board Di Balap?
Ruang Hospitality dan para pekerjanya tidak diperkenankan. foto: motogp.com

Dalam surat tersebut juga mengatakan setiap tim harus mencantumkan siapa saja yang akan di bawa, tentunya orang-orang yang memang benar-benar penting untuk kejuaraan ini. Dan tentu saja pengecualian untuk para kru di ruang hospitality, wartawan dan para koordinator wartawan disetiap timnya yang tidak boleh dibawa. Kemungkinan besar dalam beberapa hari ini akan ada rilis resmi dari Dorna maupun IRTA yang akan menerngkan hal tersebut.

Dengan adanya larangan tersebut maka ada beberapa orang yang kemungkinan tidak boleh ikut dalam kejuaraan MotoGP. “Dengan masih berlangsungnya pembicaraan di Dorna maka ada kemungkinan jika akan menggelar balapan tertutup. Ini berarti tidak ada penonton, tidak ada tamu dari tim termasuk bagi mereka yang mempunyai tanda masuk permanen juga tidak diperbolehkan. Kalian juga harus membuat daftar list beberapa orang saja (minimum) yang akan dibawa untuk balapan di Eropa agar balapan bisa lebih aman. Begitu juga untuk yang membawa truk tim agar bisa di atur untuk tidak ada ruang hospitality (ruang bersantai) dan para pekerjanya. Sedangkan untuk PR dan staff media bisa melakukan pekerjaan mereka dari markasnya dan terhubung langsung dengan tim yang di lapangan,” tulis Mike Trimby dalam surat yang diterima oleh para manajer tim seperti dilansir dari situs gpone.com.

BACA JUGA  Rossi Pamerkan Peralatan Lengkap Gamingnya, Sayangnya Gak Berguna Buat Balapan MotoGP?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here