Yakin Berkendara di Jalanan Terendam Banjir? Berikut Tipsnya

Foto:_www.seva.id

 

Musibah tidak bisa diduga kapan datangnya. Namun, sebagai insan yang bijak maka baiknya kita bersiap. Melihat bencana banjir yang melanda Jabodetabek baru-baru ini sangat meprihatinkan. Banyak korban jiwa dan kerugian materiil yang besar. Terlihat ada mobil yang hanyut ataupun mengalami kerusakan karena dipaksakan melewati genangan air banjir.

Sebenarnya, boleh atau tidak sih mengendarai mobil melewati banjir atau kubangan air yang cukup dalam? Melalui jalanan banjir bukan tak mungkin selama mampu memperhatikan beberapa hal penting untuk keamanan mobil. Berikut beberapa catatan tips untuk berkendara saat jalanan terendam air banjir.

Jangan Uji Nyali

Pertama, pastikan tidak ada arus deras pada area banjir yang akan dilewati. Keberadaan arus ini akan menyulitkan dan sangat membahayakan. Jangan uji nyali dan sembrono mencemplungkan mobil ke dalam area banjir yang berarus deras. Kemudian, perkirakan kedalaman air. Lihat apakah kedalaman air mencapai setengah ban. Bila sedalam itu, maka jangan teruskan. Berputarlah dan cari alternatif jalan atau tunggu sedikit surut.

BACA JUGA  Tips Pilih Jas Hujan Yang Aman dan Nyaman

Bila kedalaman banjir terpantau tidak sampai setengah ban dan mobil kita bisa lewat. Ada kemungkinan jalanan yang direndam banjir ternyata airnya semakin dalam. Bila mendapatkan kondisi ini sebaiknya segera mundur teratur sebelum terlambat dan menimbuklan kerusakan yang tidak diharapkan.

Jaga Emosi

Bila kondisi jalanan banjir aman untuk dilalui, maka baiknya jaga emosi dan kendarai mobil dengan pelan. Gunakan gigi satu dan kontrol kecepatan dengan kopling atau rem. Gelombang air yang tersibak ketika mobil melaju terlalu kencang berpotensi menyebabkan air mengenai bagian penting mobil seperti busi atau pompa bensin. Selain itu, berjalan perlahan akan membantu mengantisipasi hal-hal yang sulit terlihat karena tertutup banjir seperti lubang, parit, atau benda lainnya.

BACA JUGA  HSFCI Yogyakarta Juara Kompetisi Safety Riding Regional Yogyakarta 2020

Jangan Khawatir

Kekhawatiran pasti muncul bila air yang masuk knalpot akan membasahi mesin dan membuatnya mogok. Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi selama mesin tetap bergerak. Konsentrasi untuk menjaga kecepatan tetap stabil serta mengatur momentum. Mesin jangan sampai mati. Bila terpaksa berhenti tetaplah berusaha untuk menjaga putaran mesin tetap konsisten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here