Yamaha Bikin Solusi Atasi Perbedaan Rossi dan Vinales, Apa Itu?

Foto: yamahamotogp.com

Sejak awal musim balap MotoGP 2017 hingga 2019, Yamaha tercatat hanya meraih tujuh kemenangan, yakni enam lewat Maverick Vinales dan satu lewat Valentino Rossi. Banyak masalah mendera YZR-M1 dari teknis, termasuk elektronik, akselerasi, kurangnya grip ban belakang, hingga letoy di trek lurus. Keluhan dari kedua pembalap Yamaha, Rossi dan Vinales, bahkan sering berbeda dan cenderung

“Meski performa tikungan adalah keunggulan Yamaha, kami tak bisa memanfaatkannya dengan baik pada 2017 dan 2018,” tutur Group Leader Yamaha Motor Company MotoGP, Takahiro Sumi dalam wawancara dengan Motomatters.com. Sumi pun menyatakan bahwa kedua pembalapnya kerap mengeluhkan hal berbeda, yakni Rossi di akselerasi, sementara Vinales di pengereman. Uniknya, solusi yang diberikan sama dan bisa menyembuhkan keluhan keduanya.

BACA JUGA  Michelin Bantah Bannya Hanya Untungkan Yamaha dan Suzuki, Ini Faktanya!

“Keluhan kedua rider kami memang tampak berbeda, tapi obat yang diberikan kepada pada salah satu rider ternyata manjur juga untuk rider yang lain. Kami memberi perlakuan yang cukup mirip untuk keduanya dan motor mereka nyaris identik dan tak ada perbedaan besar,” turut Sumi yang asli Jepang ini.

Pada musim balap MotoGP 2020 ini, Sumi berharap bisa menjadi musim kebangkitan Yamaha. “Pada awal musim 2019, kami sangat gugup, sampai akhirnya kami menang di Assen. Kami selalu coba memperbaiki tenaga mesin, tapi pada 2019, Honda menyamai top speed Ducati, dan KTM makin cepat. Ini membuat Yamaha jadi lebih lambat ketimbang mereka, dan membuat para rider kami lebih kesulitan dari sebelum-sebelumnya,” ujarnya.

BACA JUGA  Adakah Kejutan di Awal Seri MotoGP Musim 2020 Nanti

Sesuai regulasi teknis di mana mesin tak boleh diutak-atik selama musim berlangsung, satu-satunya hal yang bisa dilakukan Yamaha pada 2019 adalah memperbaiki sasis dan mencari setup ideal. Pada 2020, Yamaha pun telah memahami kekurangannya dan tahu apa yang harus jadi fokus utama untuk diperbaiki, yaitu tenaga mesin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here