Yamaha Buka Rahasia Soal Lewis Hamilton, Apa Itu?

Valentino Rossi dan Lewis Hamilton. All Foto: monsterenergy.com

Direktur tim Yamaha MotoGP Massimo Meregalli telah mengungkapkan sebuah rahasia bahwa tim Yamaha harus “menghentikan” Lewis Hamilton yang terlalu bersemangat saat ingin mengetes motor Yamaha M1 di Valencia tahun lalu.

Saat akhir musim balap MotoGP dan Formula 1 tahun 2019, salah satu sponsor utama kedua tim, yakni Monster Energy mengorganisir pertukaran tunggangan antara Lewis Hamilton dan Valentino Rossi bulan Desember di sirkuit Valencia.

Rossi dan Lewis Hamilton di Yamaha M1. Foto: monsterenergy.com

Hamilton harus mengendarai motor MotoGP untuk pertama kalinya, sementara Rossi mengendarai Mercedes 2017 yang membawa Hamilton ke gelar juara F1 tahun itu. Dalam sebuah wawancara dengan Motorsport.com, Meregalli mengingat betapa bersemangatnya Hamilton untuk segara menjajal kuda besi Yamaha M1. Namun Yamaha segera menghentikan dia akibat terlalu cepat dan suhu sirkuit masih dalam kondisi rendah dan berbahaya.

BACA JUGA  Andrea Iannone Trauma, Aprilia Lagi Pilih Penggantinya

“Yah, itu hari yang menyenangkan. Mereka pikir itu hanya acara untuk promosi, tetapi tidak seperti itu. Vale ditempatkan di posisi untuk melakukan beberapa shift latihan yang baik di belakang kemudi Mercedes. Sedangkan Dia [Hamilton], muncul ke sirkuit sangat awal dan kami harus menghentikannya karena dia ingin naik sepeda pada jam 9 pagi, itu terlalu dingin,” kata Maregalli.

“Kemudian saat itu kami harus mengubah semua program, karena Vale datang sedikit terlambat dan mereka ingin Lewis segera berada di trek, tetapi kami mengatakan kepadanya bahwa di Valencia pada bulan Desember sebelum jam 11 pagi tidak memungkinkan. Setelah dua jam berlalu, maka dia memacu motor di sirkuit selama dan sebanyak mungkin,” tambahnya.

BACA JUGA  Pingin Makan Siang Bareng Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Jakarta. Begini Caranya.

Sebagai pengendara motor dan penggemar berat MotoGP, Hamilton sebenarnya memiliki pengalaman naik motor di track yang terbatas. Sebelum itu dia hanya pernah naik motor pada awal 2019 di Jerez dengan Yamaha R1 dengan duo World Superbike Alex Lowes dan Michael van der Mark.

Link Video Lewis Hamilton Naik Yamaha M1:

Hamilton pernah mengalami kecelakaan ringan saat itu dan dilaporkan mendapat sedikit cidera. Tetapi penampilannya di atas motor membuat bos Yamaha terkesan saat itu, dengan Meregalli mengakui bahwa hari itu tidak melakukan apa pun untuk “menyakitinya”.

“Dia telah mengendarai sepeda motor hanya delapan kali sebelum naik sepeda MotoGP, jadi menurut saya apa yang dia lakukan tidak menyakitinya,” tambah Meregalli.

BACA JUGA  Pabrikan Setuju Jika Ada Tes Lagi Sebelum MotoGP Mulai

“Maka jelas bahwa kami mencoba menempatkan setelan motor dalam kondisi terbaik, dengan mapping mesin di setel basah dan dengan ban yang bukan yang biasa kami gunakan, karena aturan tidak membolehkan pakai ban balap. Saat itu kondisi berangin, dingin, jadi kondisinya tidak ideal, tapi dia berhenti hanya ketika kami mengibarkan bendera finish,” ungkapnya.

Link Vedo Rossi Naik Mobil F1 Mercedes:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here