Yamaha dan Suzuki di Untungkan Ban, Apa Kata Dovi dan Marquez

Ban Michelin. Foto: motogp.com

Tes awal pra musim di Sepang Malaysia kemarin banyak isu hangat yang mengemuka diantara paddock tim-tim MotoGP. Selain tentunya ramainya perekrutan pembalap maupun test rider dan belum moncernya performa Mar Marquez, ada satu isu yang dianggap penting yakni tentang ban baru Michelin yang akan di gunakan musim ini.

Beberapa tim yang mencatat kesuksesan dengan ban baru ini adalah Yamaha dan Suzuki yang bisa langsung adaptasi dengan ban baru tersebut. Namun buat Ducati dan Honda rasanya agak kurang sreg dengan ban tersebut. Meski memiliki kompon yang lebih baru dan grip yang lebih bagus dari tahun sebelumnya nampaknya adaptasi ke setingan motor yang belum menemukan bentuk yang sempurna.

“Dengan ban baru ini semua setingan akan berubah terutama setingan yang seimbang pada motor. Yamaha dan Suzuki lebih mudah beradaptasi karena mereka memang bagus di tikungan dimana itu adalah kekuatan mereka dan ban baru sangat support untuk itu. Dengan hasil tes kemarin kami bahkan tidak tahu lagi jarak antara kami dan mereka lagi. Jadi saya tidak kaget kalau para pembalap Yamaha dan Suzuki memang mencatat waktu yang bagus,” kata Dovizioso.

BACA JUGA  Grand Launching Website Arista Group

Meski mendapat ban yang berkarakter sama namun motor Ducati terasa kurang greget di bandingkan motor tahun lalu. Efek dari ban ini mulai di rasakan Dovi ketika beberapa kali sempat kesulitan dengan setingan baru ini. “Ban ini memang mempunyai grip yang lebih bagus namun aku sempet kaget ketika hampir hilang traksi di roda depan. Aku akan cek lagi di data apakah memang aku terlalu awal buka gas atau terlalu menikung, kadang hal-hal tersebut yang sering menyebabkan terjatuh kalau pakai Michelin,” ungkapnya.

Hampir senada dengan Dovi sang juara bertahan Marc Marquez juga mengatakan jika Yamaha dan Suzuki akan mendapatkan banyak keuntungan dari ban ini. Dia mengatakan jika ban ini akan banyak merubah keseimbangan dari keseluruhan motor dan elektronik meski mempunyai grip yang lebih bagus. Selain mencoba mesin dan sistem elektronik yang baru, Marques juga banyak mempelajari karakter dari ban ini.

BACA JUGA  Alex Criville Ungkap Jika Pesaing Marc Marquez Ada Dua yang Kuat, Siapa Saja?

“Mungkin ban baru ini akan banyak membantu Yamaha dan Suzuki karena sepertinya merubah banyak keseimbangan motor dan beberapa piranti elektronik. Ban ini lebih banyak memberikan grip di bagian belakang tapi merubah banyak setingan motor dan gaya balap. Di Malaysia grip terasa bagus dan semuanya terlihat cepat kita akan lihat nanti di tes berikutnya di Qatar apakah ban ini juga mempunyai grip bagus disana,” jelas Marquez.

Melihat ada beberapa tim yang agak kesulitan dengan adaptasi ban, pihak Michelin pun turut angkat bicara. Melalui Piero Maramasso petinggi dari Michelin Motosport, mengatakan jika ban baru ini mempunyai kelebihan di grip saat menikung. Dia menyarankan untuk terus mencari setingan yang tepat untuk motor dan ban ini.

BACA JUGA  Petrucci: Ducati Telah Memilih Miller Sebagai Pembalap Utama

“Memang ada beberapa pembalap yang agak kesulitan beradaptasi dengan ban ini. Padahal ban baru ini lebih mempunyai grip yang lebih bagus di bagian belakang saat akan keluar tikungan. Saran saya tentu saja terus mencari tahu karakter ban dan mempelajarinya. Kalau memang masih kesulitan bisa memodifikasi atau ganti gaya riding balapnya,” katanya seperti di lansir dari motorsport.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here