Yamaha Motor Gandeng Tokyo Robotics Untuk Perluas Investasi

Kerjasama Yamaha Motor dan Tokyo Robotics Inc. Foto: Tokyo Robotics Inc

Yamaha Motor mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan Tokyo Robotics Inc., sebuah startup yang tumbuh dari Universitas Waseda. Perusahaan telah sepakat bahwa Yamaha Motor akan menjadi pemegang obligasi konversi dari Tokyo Robotics, dan juga akan menyediakan investasi dan teknologi. Yamaha Motor bermaksud untuk membangun kekuatan bersama Tokyo Robotics di bidang robot dan saling berkolaborasi untuk memperluas dan memperkuat skala serta jangkauan bisnis di industri robot.

Robot kolaboratif, atau “Cobot,” dirancang untuk berinteraksi dengan operator manusia. Dengan latar belakang kekurangan tenaga kerja dan meningkatnya biaya personil serta persyaratan untuk otomatisasi canggih di bidang baru seperti IoT dan CASE, permintaan untuk cobot meningkat tidak hanya di pasar maju, tetapi juga di pasar negara berkembang seperti Cina.

BACA JUGA  Yamaha Menang 9 Penghargaan, All New Nmax Bike of The Year

Tokyo Robotics Inc. memiliki kekuatan dalam teknologi fleksibilitas sendi (kontrol gaya), yang penting untuk meningkatkan kecanggihan cobot. Melalui pengalaman manufaktur yang luas, Yamaha Motor memiliki kemampuan dalam mencapai produksi massal yang memberikan kualitas tinggi, biaya rendah, dan pasokan tepat waktu. Kedua perusahaan bertujuan untuk memasuki pasar Cobot dengan memanfaatkan dari gabungan kekuatan mereka.

Inisiatif ini adalah bagian dari “ART for Human Possible, Advancing Robotics,” yang merupakan salah satu aspek dari visi jangka panjang Yamaha Motor. Dengan tujuan membebaskan waktu baru bagi pelanggan, dan menerapkan teknologi di bidang robotik untuk memberikan solusi terhadap masalah di sektor-sektor yang mencakup Monozukuri (teknik, manufaktur dan pemasaran), pertanian, dan penelitian medis. Khususnya di bidang Monozukuri, mereka berencana untuk memanfaatkan kekuatannya dalam bisnis robot industri, di mana pasar tumbuh kuat dan berbagai aplikasi luas untuk memperkuat variasi produk (termasuk cobot) dan dengan demikian bisa memberikan solusi total kepada pelanggan mereka.

BACA JUGA  Era Kecerdasan Buatan (AI) Akan Segera Hadir di MotoGP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here