Yamaha vs Ducati, Skor 2-0 Untuk Yamaha. Tapi Ducati Klaim Masih Punya Stok Pembalap Cepat

Paolo Ciabatti bersama penulis saat di sirkuit Sepang beberapa waktu lalu. Foto: otosportif.com

Ketika gagal mengontrak Maverick Vinales, Ducati sepertinya tidak terlalu cemas. Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti bahkan mengklaim Ducati punya pembalap yang kuat. “Kami sudah melakukan kontak soal Maverick di GP Jepang. Kami jelas tak cemas karena kami bersama Dovi masih bisa finish di depan. Jadi kami masih punya tim yang kuat,” ujar Ciabatti via GPOne.

Tidak berselang lama setelah Yamaha mengontrak Vinales, Yamaha mengumumkan bahwa telah resmi mengontrak Fabio Quartararo untuk mendampingi Maverick Vinales di tim utama. Fabio Quartararo dikontrak Yamaha Motor Company untuk musim balap MotoGP2021-2022. Kontrak ini membuat Fabio Quartararo menggeser tempat yang selama ini diisi Valentino Rossi. Valentino sendiri masih menunggu hingga pertengahan musim untuk memutuskan ke mana karir balapnya akan mengarah.

BACA JUGA  Vinales Jelaskan Mengapa Yamaha Sulit Menang di 2017

Ducati nampaknya terlalu banyak pertimbangan dalam masa perburuan pembalap top di bursa transfer. Karena lambat bereaksi, pengamat MotoGP Carlo Pernat melontarkan kritik pedas. “Dari kejadian Maverick Vinales dikontrak Yamaha hingga 2022, sekitar 60% dipengaruhi karena kesalahann pihak Ducati,” ujarnya via GPOne.com pada Rabu, 29 Januari 2020.

Di sis lain, Paolo Ciabatti berkeyakinan dengan pilihan yang telah diambil. “Seperti yang saya bilang, meski tidak semua orang setuju, kami memiliki seorang pembalap yang cepat dan dia adalah Andrea Dovizioso,” katanya. Andrea Dovizioso akan tetap menjadi ujung tombak Ducati dalam perburuan gelar juara MotoGP 2020. Kontrak Andrea Dovizioso bersama Ducati akan habis pada akhir musim 2020.

BACA JUGA  Yamaha dan Suzuki di Untungkan Ban, Apa Kata Dovi dan Marquez

Mau tak mau, untuk tetap bersaing dalam perebutan gelar juara dunia di masa depan, Ducati harus mulai menentukan langkah dengan cepat dan tepat Maverick Vinales dan Fabio Fabio Quartararo telah menandatangani perpanjangan kontrak dengan Yamaha untuk MotoGP 2021-2022. Kedua pembalap ini Vinales merupakan rider yang sangat diincar oleh Ducati untuk diletakkan di tim pabrikannya pada 2021.

Untuk MotoGP 2020 ini ada 6 pembalap yang menggunakan Ducati Desmosedici, paling banyak dibanding pabrikan lain. Selain Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci di tim utama, ada nama Jack Miller dan pembalap muda Francesco Bagnaia di tim Pramac, serta Tito Rabat dan rekrutan teranyar, yaitu Johann Zarco di tim Avintia.

BACA JUGA  Masa Depan Dovizioso Diantara Ducati, KTM Atau Aprilia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here