YCR Boyolali: Pertama Kali, Aplikasi Lampu Belakang Wajib di Balap YCR

Unsur Safety terus ditingkatkan pada cabang balap nasional ini di peruntukan agar balap lebih aman buat para rider. Di ajang balap dunia sekelas Formula One dan MotoGP aturan tentang pemakaian lampu belakang saat kondisi hujan sudah di terapkan bertahun-tahun yang lalu. Mulai tahun ini khususnya balapan nasional sekelas Yamaha Cup Race (YCR) juga mulai mensosialisasikan aturan ini di balap YCR seri 1 di Boyolali (29/2).

Ajang balap YCR yang sudah memasuki usia ke 31 tahun ini terus menyempurnakan diri menjadi balapan yang paling bergengsi dan menjadi pilihan buat para pembalap untuk berprestasi. Salah satunya dengan selalu update aturan dan regulasi agar unsur safety tetap menjadi focus utama. Penggunaan lampu belakang saat balap di kondisi hujan ini menjadi yang pertama di lakukan oleh YCR di balapan nasional khususnya Road Race. Menjadi pioneer akan aturan ini YCR di harapkan terus memberikan input dan out put buat kejuaraan nasional.

BACA JUGA  Yamaha Menang 9 Penghargaan, All New Nmax Bike of The Year

“Tentu kami sangat mendukung dengan aturan yang dibuat oleh IMI ini sekaligus mensosialisasikan di balap perdana di YCR 2020. Kedepannya kita akan terus mengaplikasikan aturan ini pada balapan-balapan yang kita bikin seperti Yamaha Sunday Race dan Endurance Race. Saat ini kita coba dulu di ajang YCR apalagi seri 1 ini di gelar pada musim hujan jadi akan langsung bias diaplikasikan dan dilihat hasilnya,” kata Wahyu Rusmiyadi, Supervisor Motosrsport PT. YIMM.

Wahyu Rusmayadi

Semua pembalap dan tim juga sangat mendukung dengan aturan ini karena buat keamanan mereka juga. Aturan ini akan berlaku jika kondisi balap saat Wet Race atau hujan dengan tujuan para pembalap masih bias melihat pembalap di depannya dan bias mengetahui posisinya dengan jelas karena lampu itu akan menjadi indikator saat helm pembalap mulai kurang jelas terkena hujan.

BACA JUGA  Bos Petronas Razlan Razali Membantah Soal Kontrak Valentino Rossi
Eddy Horison

“Kami mewajibkan semua motor untuk di pasang lampu belakangnya. Dan mereka hanya akan boleh mengaktifkan lampu tersebut saat hujan atau gelap. Akan ada tombol untuk mengaktifkan lampu tersebut di motor pembalap. Kedepannya kita juga akan terapkan pada semua balap motor atau road race di seluruh Indonesia. Ini demi memberikan perlindungan dan safety meski saat balapan sekalipun,’ terang Eddy Horison Race Director di YCR Boyolali.

Berikut Videonya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here